Sukses

Lifestyle

Kenali Macam-Macam Karacunan Kerang (I)

Jenis kerang dan beberapa jenis ikan memang terbukti dapat menimbulkan keracunan. Diantara beberapa macam keracunan kerang seperti yang dilansir dalam laman suprememastertv.com yaitu:

-Keracunan Kerang Paralitik

Saxitoxin adalah yang dapat menyebabkan keracunan kerang paralitik yang dihasilkan oleh dinoflagellate. Racun yang ada di dalam alga tersebut terkumpul di dalam badan pemangsanya seperti remis, kerang tiram dan scallop. Kerang yang tercemar saxitoxin ditemukan diseluruh dunia, namun yang paling sering ditemukan adalah pada air hangat.

Keracunan kerang paralitik memang tidak biasa namun telah terjadi di banyak negara. Ladies tentunya pahamdan tahu dari namanya bahwa racun ini disebabkan karena memakan kerang, seperti Coelomactra antiquate. Racun dari kerang ini kurang lebih sama dengan tetrodotoxin. Setelah memakan kerang yang mengandung racun tersebut, maka akan meracuni sistem syaraf Ladies. Hal itu juga dapat menyebabkan mati rasa pada bagian mulut, lidah dan badan Ladies.

Bahkan dalam kasus keracunan yang paling serius, dampaknya juga bisa sampai menyebabkan kelumpuhan otot dan kegagalan pernafasan yang mungkin saja terjadi yang diikuti dengan kematian dalam kurun waktu dua hingga 25 jam.

-Keracunan Kerang Neurotoksik

Brevetoxin adalah yang bertanggung jawab terhadap terjadinya keracunan kerang neurotoksik yang berasal dari dinoflagellate. Konsumsi makanan yang mengandung tiram, remis atau kerang bisa saja menyebabkan gangguan pencernaan, geli di mulut, tangan dan kaki, ketiadaan koordinasi, dan bahkan pembalikan suhu seperti yang disebabkan oleh racun ciguatera Ladies.


Oleh: Azizah Fadhilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading