Sukses

Beauty

Obat Penyakit Kulit: Hidrokortison Valerat

Obat penyakit kulit bisa bermacam-macam dan digunakan sesuai keluhan atau gangguan pada kulit. Salah satu obat yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit kulit adalah hidrokortison valerat.

Seperti dikutip dari www.medicinenet.com, obat hidrokortison valerat merupakan obat kortikosteroid sintetik yang dibuat manusia untuk digunakan dengan cara dioles pada kulit atau disebut obat topikal. Sebenarnya tubuh secara alami juga bisa menghasilkan senyawa kortisol atau hidrokortison yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Kortikosteroid tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan juga menekan respon imun.

Biasanya obat ini digunakan untuk masalah kulit gatal dan peradangan yang disebabkan oleh berbagai kondisi seperti gigitan serangga, penyakit gatal kulit, reaksi alergi dan eksim. Efek samping bisa terjadi meskipun tidak banyak yang mengalami. Namun untuk kulit sensitif, bisa saja mengalami hal seperti kulit terbakar, gatal, iriasi, dan kulit kering.

Mengoleskan obat secara berlebihan pada kulit juga bisa menyebabkan efek samping. Sebaiknya juga jangan mengoleskan ke kulit yang sedang terluka karena sangat mungkin terjadi iritasi. Penggunaan terhadap ibu hamil dan menyusui juga perlu saran dari dokter agar aman menggunakannya.

Obat ini juga tidak harus melalui resep dokter karena bisa dibeli bebas di apotek. Anda bisa memakainya hanya dengan mengikuti aturan pakai dari bungkus obat. Jika terjadi efek samping yang tidak diinginkan, maka jangan ragu unuk segera menghubungi dokter kulit terdekat ya Ladies.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading