Sukses

Beauty

5 Tips Mudah Tidur Nyenyak Saat Alami Gangguan Tidur

Ladies, pernahkah Anda merasa sangat tersiksa ketika akan tidur karena flu berat, batuk gatal di tenggorokan atau sakit gigi? Saat malam hari, derita ini mungkin akan semakin parah ketika Anda akan tidur. Pada saat mata dan tubuh sudah sangat mengantuk, namun Anda malah tidak bisa tidur karena tersiksa dengan penyakit yang Anda derita.

Nah, jika Anda mengalami hal ini, ada tips yang bisa Anda lakukan dari www.everydayhealth.com yang bisa diterapkan ketika penyakit parah menyerang, antara lain adalah

    Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari

    Mengatur ulang waktu tidur Anda yang berantakan adalah hal yang penting. Jika Anda ingin mendapat kualitas tidur yang baik dan cepat sembuh, maka atur jadwal tidur Anda. Tentu saja Anda pasti akan disarankan untuk istirahat total ketika sakit. Nah, jangan bandel dengan hal ini. Pergi tidur jam 9 dan bangun tepat jam 6 sepertinya cukup.

    Hindari makan besar saat akan tidur

    Anda hanya cukup makan seporsi saja dan tidak perlu ditambah camilan, atau yang lainnya. Ambil porsi yang tidak akan membuat perut Anda menggembung dan susah bernafas karena Anda akan berbaring, makanan yang terlalu banyak akan memenuhi perut dan menyusahkan diafragma bergerak. Jadinya, Anda akan sesak saat bernafas, dan ini menyulitkan ketika Anda ingin tidur.

    Olahraga

    Tidak perlu setiap hari, namun olahraga teratur 2 kali seminggu saja sudah bisa memberi efek baik pada tubuh dan kelancaran peredaran darah. Jika Anda melakukan olahraga sore, malamnya Anda akan cepat lelah dan tertidur pulas.

    Matikan lampu atau atur lampu seredup mungkin

    Jika tidur, Anda tahu bahwa dalam keadaan gelap, otak akan secara otomatis memerintah tubuh untuk lelah dan mengantuk. Ini dipengaruhi oleh ritme sirkardian yang menentukan waktu biologis bangun dan tidur. Ritme ini mengartikan suasana gelap sebagai malam hari sehingga Anda bisa lebih cepat terlelap.

    Minum air sebelum tidur

    Anda tidak akan makan dan minum dalam beberapa jam ke depan saat tidur malam hari, jadi minum air putih untuk menghindari dehidrasi saat malam hari itu penting. Tidur akan lebih nyenyak ketika tubuh terpenuhi cairan tubuhnya. Jadi, minum paling tidak 1 gelas air putih sebelum tidur. Anda mungkin akan buang air kecil, tapi tidak masalah dibandingkan bangun tengah malam karena kehausan.

Jadi, jika mengalami gangguan tidur, Anda bisa mempertimbangkan mencoba tips di atas. Jika masih sulit, Anda juga bisa menerapkan tidur siang, karena biasanya orang yang sulit tidur malam hari akan mudah mengantuk saat siang hari. Dengan rutin tidur siang, sama halnya Anda membayar hutang tidur malam.

Setiap orang mungkin berbeda efeknya. Jika masih kesulitan, konsultasi ke dokter ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading