Sukses

Beauty

5 Fakta Kesegaran Buah Semangka Untuk Tubuh

Jika bicara tentang buah, Anda pasti sudah tidak asing dengan buah berukuran besar bulat dengan warna hijau bergaris putih dan berdaging merah bernama semangka, bukan? Tidak ada yang tidak mengenal semangka ,namun apakah sudah banyak yang tahu manfaat dan kandungannya yang sehat?

Berdasarkan kutipan dari laman news.health.com, paling tidak ada 5 kelebihan semangka dari buah lainnya, yaitu

1.Memiliki lebih banyak lycopene daripada tomat mentah
Semangka, dengan warnanya yang merah, mengindikasikan adanya lycopene yang tinggi. Meskipun bukan antioksidan kuat, namun lycopene bisa menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit. Bahkan lycopene diketahui bisa membantu melawan penyakit jantung dan kanker.

2. Mampu meringankan nyeri otot
Sebuah penelitian menemukan bahwa minum jus semangka bisa sangat meringankan nyeri otot setelah lelah berolahraga bahkan juga bisa mengatur detak jantung yang lebih rendah. Hal ini mungkin dikarenakan semangka mengandung zat alami berupa citrulline yang dapat meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah.  

3. Buah dengan serat tinggi
Semangka memiliki kandungan serat yang baik untuk kelancaran pencernaan dan mengandung kalium yang dibutuhkan tubuh sehingga sangat baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4. Mencegah dehidrasi
Buah semangka diketahui sangat baik dalam mencegah dehidrasi karena mengandung air yang sangat banyak. Itu lah mengapa, banyak sekali yang memilih buah semangka saat sedang musim kemarau.

5. Kaya vitamin
Bukan hanya lycopene dan kalium saja, buah semangka juga sumber yang baik dalam hal vitamin A dan C. Semangka bisa memberikan paling tidak 20% dari asupan harian vitamin C dan 17% vitamin A, menurut USDA.

Jadi, jika sedang merencanakan membeli buah apa untuk berbuka puasa hari ini, jangan ragu memilih semangka, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading