Sukses

Beauty

Serunya Konsultasi Kesehatan Kulit Wajah Bareng MeetDoctor.com

Kecantikan dan kulit memang tak pernah lepas dari kehidupan wanita. Sebab, setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang bersih dan halus untuk kesempurnaan kecantikan mereka. Akan tetapi, banyak sekali masalah kulit yang dihadapi dan mengganggu kecantikan wajah mereka.

Vemale mengadakan live tweet dengan mengusung tema Kesehatan Kulit Wajah yang sering menjadi topik hangat bagi kaum wanita. Pertanyaan yang Anda ajukan di #AskVemale dijawab secara langsung oleh dr. Sutirto Basuki dari RS Antam Medika dari MeetDoctor. Simak yuk Ladies! Siapa tahu, Anda memiliki pertanyaan dan masalah kulit yang sama dengan sahabat Vemale.

@EviRannie7: Bagaimana sih caranya ngilangin bintik hitam pada wajah? Ada cara alami yang cukup efektif  nggak Dok? #AskVemale

Jawaban dokter: Bintik hitam di wajah biasanya dikarenakan usia. Untuk pencegahan sebaiknya memakai Tabir Matahari (sunbock), terutama jam 10 hingga jam 14. Bila sudah timbul bintik hitam, ada krim yang dijual bebas, tetapi efeknya kurang kuat, misalnya saja yang mengandung bengkoang. Untuk krim yang bekerjanya kuat harus dengan resep dokter, misalnya tretinoin, hidrokuinon (harus hati-hati), kojic acid dll. Cara alami yang efektif hanya dengan memakai sunblok saja.

@anisaapurple: Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat gimana ya? Sebaiknya untuk kulit usia 20an pelembabnya yang seperti apa dok? #AskVemale

Jawaban dokter: Untuk noda hitam bekas jerawat, sebaiknya memakai krim yang mengandung tretinoin. Krim ini dipakai untuk pengobatan jerawat juga. Setelah tidak berjerawat, krim ini terus dipakai. Pelembab yang bisa dipakai ialah pelembab yang tidak oklusif atau tidak lengket, misalnya yang berbentuk liquid atau gel.

@Derusari: Wajah saya kadang berminyak kadang kering dan berjerawat itu dikarenakan apa ya dok? #AskVemale

Jawaban dokter:  Kulit kering sering juga ada yang berminyak, terutama di daerah T-zone (hidung). Ada faktor genetik untuk kulit berminyak. Demikian juga kulit kering. Tetapi sekarang banyak kulit yang kering karena terlalu lama di ruangan dengan pendingin (AC).

@rahmaanindya: Mau tanya dong untuk cara menghilangkan kantong mata dan lingkaran hitam di mata #AskVemale

Jawaban dokter: Banyak cara menghilangkan kantong mata, dari krim, pembedahan atau sinar laser. Untuk lingkaran hitam di mata (mata panda) juga bisa dengan krim whitening atau laser.

@bungazuwita: Dok, kulit saya kering , antisipasinya gimana , biar kulit muka saya nggak cepat keriput. #AskVemale

Jawaban dokter: Kulit kering sebaiknya memakai krim pelembab. Pakai rutin pagi sore untuk menjaga jangan cepat keriput, terutama bila lama berada di ruangan dengan AC.

@dayy_hidayah: Dok, gimana cara hilangin bintik di bawah mata ya? Sejenis kayak jerawat tapi keras dan nggak bisa dipencet. Apa ya itu dok? #AskVemale

Jawaban dokter: Bintik di bawah mata disebut Syringoma. Pembesaran kelenjar keringat. Banyak cara untuk menghilangkannya, dengan alat elektro kauter (listrik), atau sinar laser. Tidak bisa hilang dengan krim-krim.

@tomomisekarmela: Waktu SMP saya jerawatan. Terus hilang. Sekarang usia saya 29 tahun dan parah lagi jerawatnya. Harus gimana ya? #AskVemale

Jawaban dokter: Jerawat timbul di usia dewasa banyak faktornya. Misalnya, banyak kena sinar matahari, pengaruh hormonal, banyak aktivitas luar ruangan bahkan sampai stress. Kenali faktor-faktor tersebut dan coba hindari atau dikelola sebijak mungkin.

@Fernndafr: Dok, share dong bagaimana cara ngilangin komedo putih di bagian hidung ? #AskVemale

Jawaban dokter: Komedo putih di hidung bisa dihilangkan dengan krim tretinoin. Kalau susah bisa dikeluarkan dengan komedo ekstraktor, pakai masker, peeling, dll.

@gita_amelia11: Kulit wajah saya kering, tipsnya apa ya agar kulit tidak terlihat kering? #AskVemale

Jawaban dokter: Supaya kulit jangan terlihat kering pakailah krim moisturizer, tapi hati-hati jangan yang terlalu lengket.

@nonnitya: Dok, gimana cara menghilangkan kerutan yang mulai nampak pada bagian kening? #AskVemale

Jawaban dokter: Kerutan di kening kalau ringan bisa dengan krim pelembab atau anti aging. Bila sudah parah banyak cara, antara lain suntik botox

@Liiena777: Saya punya jerawat ,susah sembuhnya ,selalu ada aja ,beruntutan gitu gimana cara membersihkannya ? #AskVemale

Jawaban dokter: Usaha penanggulangan jerawat gampang-gampang susah. Kuncinya kenali dan tanggulangi faktor-faktor penyebab/pencetusnya, pembesihan wajah yang benar (maksimal 3 kali sehari, bersihkan wajah menyeluruh sampai ke tepi wajah) dan memakai krim-krim anti jerawat. Misalnya tretinoin, retinol, dll.

@dyandayas: Gimana cara bikin kulit tipe berminyak agar tetap lembab?  #AskVemale

Jawaban dokter: Kulit berminyak memang jadi lembab terus. Usahakan pembersihan teratur dengan sabun untuk kulit berminyak, dan memakai pelembab yang tidak lengket. Misalnya yang berbentuk liquid.

Nah Ladies, jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan lupa untuk terus mengikuti live tweet selanjutnya. Cukup follow akun twitter  @VemaleDotcom dan pertanyaan Anda akan dijawab langsung oleh dokter ahli di bidangnya. Tentu dengan tema yang berbeda. Simak terus ya Ladies!

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading