Sukses

Parenting

Akar Bunga Matahari Ampuh Mengobati Anak Sakit Perut

Bunda, tak ada satu orang pun yang tak bisa terserang sakit perut, semua orang tanpa memandang usia mulai dari anak-anak, dewasa bahkan lanjut usia pasti pernah merasakan sakit perut. Sebagai orang tua Anda pasti sangat cemas ketika melihat anak sakit perut. Tapi jangan khawatir, sekarang ini Anda bisa menggunakan bunga matahari untuk mengobati anak sakit perut.

Siapa orang tak tahu bunga matahari. Pasti semua orang sudah tahu betul rupa bunga matahari ini seperti apa. Bunga matahari yang memiliki nama ilmiah Helianthus Annuus Linn, merupakan tanaman hias atau tanaman penghasil minyak, bahkan bunga matahari ini berkhasiat untuk menjadi obat herbal lho. Saat ini bunga matahari dikenal sebagai tanaman obat herbal.

Dijelaskan pada situs livestrong.com, pada bagian bunga matahari mengandung senyawa kimia seperti quercimeritrin, asam oleanolat, helianthoside A, B dan C serta asam echinocystat, sedangkan pada bagian biji bunga matahari mengandung senyawa kimia seperti sitosterol, prostaglandin E, asam kiorogenik, asam quinat, phytin, dan benzopyrene. Kandungan dalam 100 g minyak biji bunga matahari terdapat 9,8% lemak jenuh, lemak tak jenuh, 11,7% seperti oleat dan 72,9% linoleat, serta todak mengandung kolesterol.

Nah, berikut ini ada tips membuat ramuan herbal dari akar bunga matahari seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, yaitu:

Bahan:

- Akar bunga matahari kering secukupnya.

- Air panas sebanyak setengah gelas.

Cara pengobatan: Akar bunga matahari kering ditumbuk hingga halus, kemudian diseduh dengan setengah gelas air panas. Minum air seduhan akar bunga matahari tersebut 2-3 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan madu, supaya si kecil suka. Selamat mencoba, Bunda.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading