Sukses

Beauty

Inilah Siklus Ciri Ciri TBC yang Tidak Banyak Orang Tahu (Bagian 3)

Ladies, setelah membahas nasib baik orang yang tidak menunjukkan ciri ciri TBC meski bakteri Mycobacterium tuberculosis ada di dalam tubuh, kali ini giliran mereka yang kurang beruntung. Bagi yang memiliki sistem imun yang sedang lemah, ciri ciri TBC bisa langsung muncul.

Tidak ada pilihan lain untuk langsung teraktivasi dan mulai menyerang. Bakteri yang baru saja terhirup dapat langsung aktif bila suasana di dalam tubuh memungkinkan. Sama halnya dengan bakteri yang sudah lama ada di dalam tubuh namun menunggu imun cukup lemah untuk diserang.

Kemudian, Ladies, setelah bakteri aktif dan mulai menginfeksi, perlahan satu persatu gejala mulai muncul ke permukaan. Saat gejala-gejala TBC muncul seperti ini, baru bisa dikatakan bahwa orang itu adalah pengidap TBC.

Lain halnya dengan mereka yang memiliki bakteri TBC di dalam tubuhnya namun belum aktif. Sebagaimana dilansir dari tulisan ilmiah terbitan laman stoptb.org, mereka tidak bisa disebut sebagai pengidap karena gejala belum ada yang disebabkan belum ada infeksi.

Pada saat aktif seperti ini, pangidap TBC dapat menularkan penyakitnya sewaktu-waktu. Dengan catatan, bila belum ada tindakan medis yang melemahkan bakteri terssebut. Penanganan pun tidak bisa kilat. Diperlukan waktu paling tidak tiga minggu untuk mencegahnya dapat menular.

Ladies, penderita TBC dapat disembuhkan bila menjalani pengobatan secara rutin selama enam bulan berturut-turut. Harus sabar memang. Namun, menjalani pengobatan hingga tuntas mencegahbakteri datang lagi dan lebih kebal terhadap obat.

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading