Sukses

Beauty

5 Tanaman Herbal Yang Ampuh Sebagai Terapi Jerawat

Salah satu masalah kulit yang bikin banyak wanita keki adalah jerawat. Meskipun punya kulit yang tak gampang jerawatan pun, kalau ketemu jerawat pasti bisa panik.

Ada berbagai macam penyebab jerawat, misalnya karena stres, banyak berhadapan dengan polusi, kurang makan sayuran atau memang kulit Anda adalah tipikal berminyak yang mudah berjerawat.

Selain menggunakan obat jerawat, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sifatnya mampu mendinginkan dan meredakan inflamasi akibat jerawat. Dilansir dari All Women Stalk, berikut ini adalah tanaman-tanaman herbal yang sudah dipercaya untuk mengatasi masalah jerawat.

(vem/gil)

Basil

Mungkin daun basil belum akrab dengan menu masakan Indonesia, namun tak jadi soal bila Anda menambahkannya sebagai salah satu bumbu rahasia di dapur Anda. Selain bisa membantu menyedapkan rasa masakan seperti salad atau smoothies, Basil sangat bagus untuk mengatasi jerawat.

Daun basil bisa mengobati dari dalam hingga luar. Kemampuan daun basil untuk membersihkan jerawat adalah dengan mengurangi peradangan, kemerahan dan keriput yang bisa dihasilkan oleh jerawat tersebut. Anda bisa mengonsumsinya dalam jus buah atau salad kesukaan Anda.

Oregano

Tanaman yang satu ini adalah rahasia kelezatan pasta dan pizza yang banyak kita jumpai di Amerika dan Eropa. Namun jangan khawatir karena bumbu dapur herbal ini bisa Anda dapatkan di supermarket.

Oregano yang kering maupun yang masih hijau, sangat bagus untuk membantu mengurangi jerawat. Baik sebagai taburan dalam makanan atau sebagai obat luar di kulit. Namun akan lebih praktis bila Anda menggunakannya dari dalam sebagai tambahan bumbu makanan karena sekaligus bisa melancarkan pencernaan Anda.

Daun Pepaya

Daun pepaya adalah jenis daun yang banyak digunakan sebagai sayuran atau obat alternatif. Daun pepaya memang rasanya pahit, namun konon bisa membantu mencuci darah yang kotor. Dengan demikian daun pepaya bisa membantu Anda mengatasi jerawat.

Caranya adalah dengan memasak daun pepaya sebagai menu sayuran. Konsumsi daun pepaya setiap beberapa hari sekali dalam seminggu. Bila dikonsumsi secara rutin, Anda bisa mendapatkan kulit yang makin bersih dan mulus dari hari ke hari.

Daun Mint

Daun mint memiliki bentuk yang khas, aromanya juga sangat menyegarkan. Cocok bagi Anda yang suka minum jus atau seduhan teh. Ternyata daun mint juga bagus untuk menangkal jerawat.

Daun mint memiliki kandungan klorofil yang khas dan mampu mengatasi inflamasi pada kulit. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk meredakan stres pada kulit Anda. Cara praktisnya adalah menggunakan daun mint yang ditumbuk atau diseduh dengan teh hangat. Atau Anda juga bisa menggunakan krim wajah yang mengandung mint.

Aloe Vera

Terakhir adalah aloe vera. Tanaman ini memang sangat bagus untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Misalnya kulit yang terbakar, belang, hingga jerawat yang mengganggu. Sama seperti kebanyakan herbal lainnya, aloe vera bisa langsung saja dioleskan atau dikonsumsi sebagai makanan.

Aloe Vera mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit. Efek dari aloe vera adalah mendinginkan kulit dan meredakan kemerahan., Selain itu aloe vera mengandung antibakteri alami yang bisa digunakan untuk mengurangi peradangan jerawat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading