Sukses

Beauty

7 Cara Memutihkan Kulit Wanita Secara Alami dan Aman

Ada satu hal yang sebenarnya sering dilupakan wanita saat ingin mendapatkan kulit putih. Satu hal ini adalah memakai tabir surya.

Selama ini, wanita membiarkan kulitnya tidak terlindungi tabir surya, tidak heran kalau beraktivitas di siang hari kemudian kulit jadi menghitam. Padahal perlindungan tabir surya cukup membantu wanita dengan efektif.

Lantas, kalau sudah terlanjur bagaimana memutihkan kembali kulit yang sudah hitam?

Cara yang pertama adalah tetap memakai tabir surya setiap hari sebelum beraktivitas. Pilih yang minimal SPFnya 30, atau SPF 50 apabila beraktivitas di bawah matahari langsung.

Cara yang kedua adalah melakukan perawatan memutihkan kulit. Tidak harus dengan yang mahal, karena Anda bisa melakukannya di rumah dengan berbagai resep yang sudah kami kumpulkan berikut ini.

 

(vem/bee)

Makanan Yang Bikin Kulitmu Selalu Tampak Bersih

Setiap hari Anda melakukan rutinitas membersihkan wajah dengan berbagai produk. Yang pertama kali dipulaskan biasanya adalah cleanser, yang disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit. Kemudian dilanjutkan dengan facial wash, dibilas bersih sampai tak ada residu yang tertinggal, kemudian baru diaplikasikan toner untuk menyegarkan, menjaga kelembaban, serta mengangkat sisa kotoran atau sisa sabun yang mungkin masih tertinggal.

Tetapi nyatanya memang melakukan semua hal itu tak membuat kulit benar-benar selalu tampak mulus.

Para ilmuwan sebenarnya sudah berkali-kali memberikan saran agar merawat kulit juga dari makanan. Masih ingat kan pepatah yang mengatakan "you are what you eat." Nah, dengan mengonsumsi beberapa makanan ini, kulitmu akan tetap indah, bersih dan sehat.

Artichokes

Sayur yang satu ini mungkin belum terlalu beken dan tak tersedia di pasar tradisional. Tetapi di beberapa super market dan toko yang menyediakan produk impor Anda bisa menemuinya.

Bentuknya seperti bunga pinus namun warnanya hijau, sayur yang satu ini sangat kaya kandungan antioksidan dan biasanya juga dijadikan bahan dalam krim kosmetik atau obat herbal.

Fungsinya tak hanya menyehatkan kulit tetapi membuat kulit jadi sehat bersinar.

Tahu putih

Menu yang berbahan dasar kedelai ini adalah kombinasi sempurna bila Anda mendambakan memiliki kulit wajah yang bersih dan putih. Kaya kandungan protein, kalsium, lemak sehat, antioksidan dan aneka mineral yang dibutuhkan tubuh.

Sajikan menu tahu ini setiap hari untuk membantu Anda memiliki kulit yang cantik dan bersih.

Nasi merah

Penelitian membuktikan bahwa kandungan gula darah di dalam tubuh berhubungan erat dengan kondisi kulit. Dengan menggantikan nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah sendiri mengandung vitamin B, mineral serta antioksidan yang dibutuhkan kulit untuk beregenerasi.

Air putih

Punya segala kebaikan untuk tubuh, air putih memang menjadi minuman yang wajib dikonsumsi setiap orang setiap hari. Setidaknya minimal 8 gelas sehari untuk membuat kulit Anda tetap terjaga kelembabannya.

Air putih sendiri, seperti dikutip dari allwomenstalk, membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga otak dan kulit mendapatkan cukup asupan oksigen.

Kacang-kacangan

Jangan salah, kacang tidak menyebabkan jerawat, kacang justru dapat membantu menyembuhkan jerawat. Kandungan zinc dan selenium di dalam kacang dapat meningkatkan kemampuan vitamin E dan mineral lain untuk memperbaiki kondisi kulit.

Untuk menjaga kadar lemaknya agar tetap sehat, maka lebih baik pilih konsumsi kacang oven ketimbang kacang goreng.

Bawang putih

Sekalipun aromanya kurang sedap, bawang putih dapat membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk bereaksi terhadap bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi. Cara terbaik memetik manfaat dari bawang putih adalah memakannya dalam kondisi mentah. Dicampurkan dalam salad, atau sebagai sambal.

Ketela rambat

Salah satu sumber karbohidrat ini justru ternyata punya khasiat baik untuk kulit. Mengonsumsi ketela rambat dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan meningkatkan mood. Kulit jadi lebih segar dan berkilau.

Tidak sulit kok menemukan bahan-bahan makanan di atas untuk menjaga kondisi kulit. Memasukkan dalam menu harian akan membantu Anda mengatasi banyak problem kulit selama ini.

Cara Memutihkan Paha Bagian Dalam

Berapa banyak krim yang sudah Anda coba untuk memutihkan paha bagian dalam Anda?

Kalau Anda sudah mencoba ini itu dan hasilnya nihil, atau bahkan bikin iritasi, maka sebaiknya Anda menghentikan pemakaiannya dan menyimak artikel ini.

Kulit di bagian paha dalam adalah bagian kulit yang sangat sensitif dan harus diperlakukan hati-hati. Bila tergores atau terluka, rasa sakitnya cukup mengganggu aktivitas. Apalagi jika sembuhnya lama, berjalan saja Anda akan merasakan nyeri serta terganggu.

Ramuan memutihkan paha dalam

Memutihkan paha dalam ini Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami. Seperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari atau minyak wijen.

Caranya:

  • Sebelum mandi aplikasikan dan massage campuran minyak di atas atau salah satunya pada paha bagian dalam. Sambil digosok perlahan Anda akan menemukan kotoran yang ikut terangkat.
  • Kemudian saat mandi, gosok paha bagian dalam perlahan dengan menggunakan sabun dan air dingin. Jangan gunakan air hangat.
  • Pakai body scrub untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Aplikasikan minyak wijen di bagian paha dalam sebagai pelembab kemudian angkat dengan kapas.
  • Aplikasikan scrub madu saat sedang mandi ke bagian paha. Madu selain dapat membantu melembabkan, ia juga merawat kulit dengan maksimal.

YANG PERLU DIPERHATIKAN

Karena kulit paha dalam sangat sensitif, maka Anda tidak disarankan menggunakan shower puff yang kasar, lebih baik gunakan handuk lembut untuk menggosok bagian tersebut.

  • Disarankan juga saat memassage melakukan gerakan melingkar dan secara lembut tidak kasar. Di bagian paha dalam terdapat berbagai syaraf yang berhubungan dengan organ intim, sehingga Anda harus lebih berhati-hati memperlakukannya.
  • Hindari memakai bahan beralkohol karena hanya akan membuat kulit paha dalam semakin hitam dan kering.
  • Gunakan celana yang dapat menyerap dengan baik, sehingga kotoran tidak menempel di keringat terlalu lama.
  • Lakukan scrub setiap hari sehingga paha dalam selalu bersih dan nyaman.

Jangan lupa aplikasikan pelembab sehingga kelembaban kulitnya terjaga.

Tips Agar Siku dan Lutut Tidak Hitam

Warna kulit yang tidak rata sering tampak pada bagian lutut dan siku. Warna lutut dan siku biasanya lebih hitam dibanding bagian kulit lain. Hal ini sering membuat wanita kurang percaya diri. Lutut dan siku biasanya menghitam karena sering menahan beban tubuh atau bergesekan dengan benda atau baju.

Memang agak sulit menghilangkan warna hitam di siku dan lengan, namun bukan berarti warna hitam tidak bisa pudar. Anda dapat meratakan warna kulit siku dan tangan dengan beberapa cara alami ini:

Pakai Lemon

Bahan alami yang terbukti ampuh untuk meratakan warna kulit adalah air lemon. Anda bisa melakukan perawatan ini dua atau tiga kali sehari. Iris lemon, lalu oleskan dagingnya pada siku atau lutut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

Beri Minyak Zaitun

Seringkali lutut dan siku menghitam karena tumpukan sel kulit mati, sehingga kulit menjadi kering dan kusam. Untuk mengatasi masalah ini, oleskan minyak zaitun pada siku dan lutut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Untuk hasil lebih baik, gunakan scrub dengan cara di bawah ini.

Usap Dengan Spons

Untuk mengelupas sel kulit mati secara halus, gunakan spons khusus atau loofa (bisa Anda beli di toko kosmetik), lalu usap bagian lutut dan siku yang sudah dibilas tadi. Gosok perlahan hingga sel kulit mati terlepas, lalu bilas.

Beri Pelembab

Setiap kali selesai mandi, jangan lupa beri pelembab ekstra di bagian lutut dan siku. Biasanya bagian ini sangat kering dan membutuhkan kelembaban lebih banyak dibandingkan bagian kulit lain. Akan lebih bagus jika Anda mengoleskan body butter setiap kali selesai mandi untuk bagian lutut dan siku.

Selamat mencoba!

Manfaat Air Beras Dari Ujung Rambut Sampai Ujung Kaki

Ladies, kulit bening dan cerah adalah dambaan banyak wanita. Untuk itu, seringkali wanita mencoba berbagai produk pemutih kulit yang mahal hanya untuk bisa mendapatkan kulit yang cerah. Sebenarnya, mendapatkan kulit cantik yang bening berkilau itu tidak sulit lho. Kita bisa menggunakan air beras sebagai alternatif.

Sebelum memasak nasi, biasanya kita mencuci beras terlebih dahulu. Ada yang menggunakan air beras ini untuk minuman kesehatan, ada juga yang menggunakannya untuk menyiram tanaman. Yang jelas, sebaiknya air beras itu jangan keburu dibuang, Ladies. Karena ada banyak manfaat baik yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan air beras itu. Berikut ini manfaat baiknya.

Wajah Bersih Tanpa Cela

Celupkan kapas pada air beras dan tepuk-tepuk di area wajah sebagai toner setelah Anda membersihkan wajah. Air beras mengandung inositol yang membantu perkembangan sel dan memperlambat penuaan dini. Dengan melakukan ritual ini 2 kali sehari, membantu melancarkan peredaran darah pada wajah. Air beras juga bermanfaat untuk melembabkan dan menjadi antioksidan di kulit.

Menguatkan Rambut

Setelah menggunakan shampoo, siramkan air beras di rambut Anda. Biarkan beberapa menit dan bilas sampai bersih. Protein dari beras akan membantu menguatkan rambut Anda dengan menguatkan bagian yang rapuh dan memperbaiki batang rambut yang rusak. Rambut Anda jadi lembut dan berkilau.

Membersihkan Kulit

Kulit tubuh Anda juga bisa jadi lebih cantik dan bersih dengan menggunakan air beras yang terbukti mampu membersihkan kulit dari noda, kuman dan masalah kulit. Setelah berendam dengan air beras 15 menit selama 2 kali sehari, kulit akan menunjukkan perbaikan sebanyak 20 % setelah beberapa minggu.

Minuman Yang Menyehatkan

Selain digunakan untuk kebersihan dan kesehatan kulit, Anda juga bisa mengonsumsi air beras yang telah dimasak. Air beras mengandung 8 jenis asam amino esensial yang membantu regenerasi sel dan otot. Selain itu juga memberikan tambahan energi untuk Anda.

Anda juga bisa membuat resep toner beras dengan metode berikut agar kulit semakin cantik dan flawless. Mau cantik nggak harus mahal, bukan?

3 Cara Memutihkan Kulit Tapi Tetap Sehat

Seringkali mendengar bahwa krim-krim pemutih yang dijual di luaran sana menawarkan kulit putih dalam waktu yang singkat. Hasilnya? Hmmm... ada yang awalnya puas, namun sebenarnya tidak menyadari bahaya di balik pemakaian jangka panjang si krim abal-abal.

Tetapi sudah banyak juga yang merasakan efek buruknya, mulai dari iritasi, infeksi, hingga berujung kematian.

Memang ternyata memiliki kulit putih itu bukan sesuatu yang selalu mudah didapatkan. Karena sebenarnya apabila pigmen dasar kulit tidak berwarna putih, maka kulit akan tetap kembali ke warna pigmen semula. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari akan hal ini, dan tetap ngotot untuk memutihkan kulit.

Sebenarnya tidak salah juga, karena rata-rata kulit punya tingkat terputih dan berseri masing-masing apabila diberikan perawatan yang terbaik. Setidaknya kulit akan tampak bersih bersinar dan tidak kusam. Nah, apabila Anda mendambakan memiliki kulit putih dengan cara aman dan tetap sehat, coba saja cara-cara memanfaatkan bahan dari alam. Seperti tiga cara yang bisa Anda coba berikut ini:

Masker lidah buaya - jeruk nipis

Tanaman ini mudah sekali ditemukan di lingkungan rumah. Biasa dijadikan sebagai tanaman hias yang mempercantik rumah. Belakangan diketahui bahwa ternyata lidah buaya juga bisa diolah dan dikonsumsi. Menghasilkan beragam makanan yang tak pernah diduga sebelumnya. Mulai dari jelly, permen, hingga campuran kolak pisang atau minuman kesegaran lain.

Sedangkan jeruk nipis biasa digunakan sebagai bahan minuman serta campuran dalam makanan. Tumbuhnya cukup mudah dan cepat berbuah. Daunnya sendiri juga biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Yang memberikan aroma khas yang menyegarkan.

Nah, kedua bahan ini sebenarnya kalau diramu menjadi satu bisa membantu Anda mendapatkan kulit putih alami dan sehat. Ampuh juga untuk mengatasi peradangan kulit seperti jerawat, serta membantu menghilangkan noda hitam akibat bekas jerawat.

Caranya:

  • Hancurkan selembar lidah buaya yang sudah dikupas dengan menggunakan blender
  • Campurkan dengan sari buah jeruk nipis
  • Aplikasikan sebagai masker pada wajah dan diamkan 15 menit sebelum kemudian dibasuh dengan air dingin
  • Menggunakan masker ini Anda akan merasa sedikit seperti digigit nyamuk. Biasanya sari jeruk nipisnyalah yang bereaksi dan menimbulkan rasa pedih, namun tak akan lama dan akan segera hilang.

Masker tomat - jeruk nipis

Masih berbicara soal jeruk nipis, ada satu bahan lagi yang bisa dicampurkan dengan buah beraroma segar ini. Buah tomat adalah buah yang kaya akan antioksidan dan ampuh membantu mengatasi spot-spot hitam di wajah. Kandungan vitamin C-nya juga mencerahkan kulit sehingga kulit bisa lebih putih alami.

Caranya:

  • Haluskan tomat dengan menggunakan blender dan campur dengan sari jeruk nipis. Tambahkan 1-2 sdt oatmeal.
  • Aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 5-10 menit.
  • Massage perlahan dengan gerakan memutar ke seluruh wajah. Diamkan kembali selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

Sama seperti masker sebelumnya, akan terasa sedikit pedih di kulit namun akan memberikan rasa segar setelahnya. Untuk diperhatikan, tidak disarankan memassage area berjerawat yang sedang meradang atau luka yang terbuka.

Masker lemon - madu

Padukan madu dengan lemon untuk memberikan perawatan mencerahkan, menyegarkan sekaligus melembabkan. Lemon yang ampuh mencerahkan wajah akan memberikan kesegaran pada wajah serta mengangkat kelebihan minyak. Sedangkan madu akan melembabkan kulit dan melembutkannya.

Caranya:

  • Larutkan 1 sdm madu ke dalam 1 buah sari jeruk lemon
  • Aplikasikan pada kulit wajah dengan sedikit dimassage. Diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

Mengeringkannya tidak boleh kasar, tetapi disarankan menepuk-nepuk saja dengan menggunakan handuk lembut.

Mencerahkan Kulit Wajah Dengan Masker Apel

Jika kulit terlihat kusam, kerutan di wajah, kulit tampak ada spot hitam, maka itu adalah tanda kulit sedang stres. Mengatasinya mudah, tak harus bingung menghabiskan banyak uang.

Petik saja manfaat dari buah apel yang kaya akan kandungan vitamin A, B, C, dan antioksidan. Zat antioksidan di dalam buah apel mengandung bahan yang membantu memperbaiki kerusakan pada kulit.

Adalah glycolic acid, yang mampu membantu proses regenerasi kulit serta membersihkan pori-pori secara maksimal hingga ke dalam. Untuk mengobati luka bakar, apel juga sangat ampuh, perlahan memberikan kesembuhan pada kulit dan membuat kulit jadi tampak cerah.

Kulit apel juga menjaga agar PH kulit tetap seimbang, sehingga terjauh dari iritasi dan infeksi. Nah, berikut adalah beberapa resep masker apel yang bisa Anda manfaatkan untuk merawat kecantikan kulit.

Membersihkan pori-pori

Untuk membersihkan pori-pori, yang Anda perlukan adalah apel yang dihaluskan, serta 1 sdt gula. Caranya adalah dengan mencampurkan semua bahan, kemudian menjadikannya massage lembut sehingga dapat membersihkan pori, tuntas hingga ke dalam kulit.

Mencerahkan kulit

Untuk mencerahkan kulit, Anda hanya perlu mencampurkan serutan apel dengan sari jeruk nipis. Jadikan sebagai masker dengan cara memulaskannya ke seluruh wajah menggunakan kapas.

Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air.

Menghilangkan noda hitam di kulit

Nah, ini yang biasanya cukup sulit dan menjengkelkan, karena harus telaten dan sabar. Caranya adalah dengan memaskerkan apel yang sudah dihaluskan, setidaknya 2-3 kali seminggu agar hasilnya maksimal. Kulit apel tidak perlu dibuang, namun dihancurkan jadi satu.

Menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata

Potong buah apel tipis-tipis, kemudian kompreskan pada mata. Cara ini akan membantu mengurangi lingkaran hitam di mata dan mengempeskan sembab.

Membantu menyembuhkan jerawat

Untuk menyembuhkan jerawat, Anda bisa menjadikan air sari apel sebagai toner membersihkan wajah. Tetapi baiknya kemudian dibilas ya agar sisa gula yang menempel tidak mengundang serangga pecinta manis.

Mengatasi kerutan di wajah

Campurkan apel yang sudah dihaluskan dengan putih telur kemudian maskerkan pada wajah. Biarkan hingga kering selama 30-40 menit kemudian bilaslah dengan sabun dan air dingin.

Cara mudah ini sangat murah dan terjangkau. Selain itu juga memberikan hasil yang cukup memuaskan. 

Kulit Putih Dalam 7 Hari Cuma Pakai Kunyit

Kunyit adalah bahan rempah yang digunakan nenek moyang untuk merawat kecantikan kulit. Kabarnya, kunyit selain melembutkan juga dapat membuat kulit tampil lebih putih. Inilah sebabnya bahan dasar lulur biasanya terbuat dari kunyit. Dan para pengantin Jawa terlebih dahulu melakukan perawatan lulur kunyit sebelum hari pernikahannya agar bisa tampil 'manglingi'.

Aman digunakan dan memberikan rasa yang dingin, ada beberapa cara masker atau lulur kunyit yang bisa membuat kulit Anda putih hanya dalam 7 hari saja. Coba beberapa resep berikut yuk.

Kunyit Vs Mustard Oil

Mustard biasa dipakai sebagai bahan saus untuk salad. Fungsinya adalah untuk membantu menghaluskan dan melembabkan. Diramu jadi satu dengan kunyit, mustard ini dapat diaplikasikan sebagai masker wajah dan dibiarkan mengering pada wajah kemudian dibilas.

Ramuan ini dapat mencerahkan wajah Anda.

Kunyit Vs Susu Bubuk

Susu bubuk putih adalah bahan masker paling murah dan mudah diperoleh. Campurkan dengan bubuk kunyit kemudian aplikasikan pada kulit tubuh dan wajah. Lakukan secara teratur setiap hari dan dapatkan kulit lebih cerah dan halus.

Kunyit Vs Madu

Campurkan 1 sdm bubuk kunyit dan 1/2 sdm madu. Aduk hingga terlihat seperti pasta, dan aplikasikan di wajah. Biarkan selama 10 menit hingga mengering dan bilas dengan air dingin. Kulit akan tampak lebih cerah dan bersinar.

Kunyit Vs Sandalwood

Ingin mendapatkan kulit putih mulus bebas noda? Anda harus mencoba ramuan ini. Campurkan 1 sdm bubuk kunyit dengan 1/4 bubuk sandalwood kemudian aplikasikan pada kulit.

Masker ini sekaligus dapat mengobati jerawat serta menghilangkan bekas jerawat.

Kunyit Vs Air Mawar

Campurkan 1 sdm bubuk kunyit dengan 2 sdm air mawar. Aplikasikan dengan menggunakan kuas merata pada wajah. Diamkan dan buat kondisi tubuh Anda relaks. Aplikasi ramuan yang ini selain mencerahkan kulit juga dapat membuat kulit jadi lebih rileks.

Scrub kunyit

Memanfaatkan kunyit untuk scrub wajah juga bukan hal mustahil. Scrub kunyit dapat membantu menghaluskan kulit serta membuang sel-sel kulit mati. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan oatmeal, kemudian mengaplikasikannya sebagai scrub.

Dengan pemakaian teratur, kulit Anda tak hanya sekedar putih saja, tetapi juga halus dan lembut. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading