Sukses

Beauty

Cara Sikat Gigimu Selama Ini Salah? Begini Tips yang Benar

Kesehatan gigi diawali dengan kebiasaan kita menyikat gigi. Kalau cara kita menyikat gigi saja sudah salah, maka kita berisiko mengalami sejumlah masalah gigi seperti gigi berlubang. Selain diharuskan sikat gigi rutin minimal dua kali sehari, ada hal-hal yang perlu kita perhatikan saat menyikat gigi.

Menyikat gigi yang baik dan benar ada tekniknya. Nggak susah kok sebenarnya. Cuma memang butuh lebih sabar sedikit. Selengkapnya, yuk ikuti tips selengkapnya di sini.

    Sikat dengan Lembut Selama Minimal 2 Menit

    Biasanya kita berpikir karena merasa gigi harus bersih, kita menyikat gigi dengan keras dan kasar. Tapi nyatanya hal ini tidak baik. Kebiasaan ini bisa menyebabkan erosi enamel gigi dan membuat gusi terluka. Sikatlah gigi dengan santai, lembut namun merata. Selain itu, sikatlah selama dua menit. Kalau menyikat gigi dan selesai tidak sampai satu menit, bakteri belum sepenuhnya dibersihkan. Rekomendasi rentang waktu menyikat gigi adalah 2 menit. Hal ini akan membuat gigi dan rongga mulut jadi lebih bersih.

    Sikat Sampai Gigi Geraham

    Sering nih kejadian, kebanyakan orang hanya fokus menyikat gigi depan saja dan mengabaikan menyikat dengan benar bagian gigi geraham. Pastikan kamu memperhatikan kebersihan gigi geraham, ya. Kenapa? Karena kemungkinan besar bakteri justru berkembang di gigi bagian dalam.

    Konsumsi Buah dan Sayur Segar

    Buah dan sayur segar bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga gigi. Makanan berserat seperti buah dan sayur sangat baik membersihkan gigi secara tidak langsung. Dengan kata lain, makan buah dan sayur segar bisa bantu menurunkan kemungkinan timbulnya plak gigi dan membantu membuang bakteri di mulut.

    Arah Menyikat Gigi Harus Seimbang

    Perhatikan soal arah menyikat gigimu. Disarankan untuk menyikat gigi memutar atas, bawah, dan menyamping dengan seimbang. Menyikat gigi cuma searah saja tidak bisa membersihkan gigi secara keseluruhan. Jadi variasikan arah menyikat gigi hingga sela-sela gigi juga, ya.

    Sikat Gigimu 1,5 Jam Setelah Makan

    Menyikat gigi langsung setelah makan ternyata bisa merusak gigi, lho. Kok bisa? Soalnya pH mulut sedang rendah dan pasta gigi adalah bahan kimia yang kuat sehingga bisa merusak gigi. Jadi tunggu hingga 1,5 jam setelah makan baru sikat gigi. Jadi nggak harus buru-buru sikat gigi setelah makan.



Oh iya, satu lagi tips penting yang jangan sampai diabaikan. Gantilah sikat gigimu minimal tiga bulan sekali. Kebersihan sikat gigi juga sangat berpengaruh besar pada kebersihan gigimu.

Yuk, mulai biasakan sikat gigi yang benar dari sekarang. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat buatmu, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading