Sukses

Beauty

3 Bahan Alami Untuk Mengobati Nyeri Telinga Setelah Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang tak hanya menyehatkan tetapi juga sangat menyenangkan. Berenang, juga merupakan salah satu aktivitas yang bisa membuat tubuh menjadi lebih langsing, ramping serta mengesankan. Karena manfaatnya inilah, tidak heran jika banyak orang menggeluti olahraga renang. Namun nih, meski sangat menyehatkan dan menyenangkan, sesekali aktivitas berenang juga akan menyebabkan terjadinya masalah kesehatan salah satunya adalah masalah kesehatan telinga.

Bagi orang-orang yang sangat aktif dan rutin berenang, tidak jarang berenang akan membuat telinga merasa nyeri atau sakit. Nyeri ini sendiri terjadi karena adanya tekanan di dalam air atau karena telinga kemasukan air yang mengandung bakteri, kuman maupun jamur. Lantas, apa yang bisa dilakukan agar nyeri tersebut bisa segera pulih dan telinga kembali sehat seperti semula? Dikutip dari laman bodlsky.com, sebenarnya ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri pada telinga akibat aktivitas berenang. Bahan alami tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Bawang Putih

    Bawang putih merupakan salah satu anti mikroba dan anti kuman yang bisa membunuh bakteri dengan cepat. Termasuk segala bakteri yang menyebabkan telinga menjadi sakit atau nyeri. Cara memanfaatkan bawang putih untuk mengobati nyeri pada telinga adalah potong kecil-kecil 5 siung bawang putih. Campur dengan 2 sdm minyak zaitun dan hangatkan sebentar. Biarkan dingin lalu teteskan minyak yang telah dicampur dengan bawang putih ke telinga. Lakukan cara ini setiap pagi untuk dapatkan hasil yang maksimal.

    Cuka

    Bahan alami kedua yang bisa digunakan untuk mengobati nyeri pada telinga adalah cuka. Nutrisi dan antioksidan serta zat asam yang terkandung di dalam cuka bisa membunuh bakteri dengan baik. Nutrisi ini juga bisa meredakan nyeri atau sakit. Cara memanfaatkannya sangat mudah. Ambil beberapa sendok cuka lalu lalu campur dengan beberapa sendok alkohol. Teteskan larutan ini ke telinga 2 sampai 3 tetes untuk meredakan dan mengobati nyeri pada telinga.

    Bawang Merah

    Selain bawang putih, bawang merah juga berfungsi meredakan nyeri telinga yang terjadi akibat infeksi setelah berenang atau karena terlalu banyak memakai earphone. Nutrisi yang terkandung di dalam bawang merah ini juga bisa membunuh bakteri di telinga penyebab nyeri. Cara memanfaatkan bawang merah sendiri sangat mudah. Kita hanya perlu memanggang atau memanaskan bawang merah hingga keluar minyaknya. Tunggu sampai minyaknya dingin lalu teteskan ke telinga. Melakukan cara ini secara rutin setiap pagi akan membuat nyeri di telinga perlahan reda dan sembuh.


Ladies, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati nyeri di telinga akibat aktivitas berenang atau terlalu banyak menggunakan earphone. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading