Sukses

Beauty

Ladies, Ini Lho Cara Mengonsumsi Sayur & Buah yang Benar

Sayur dan buah memang memiliki serat yang dibutuhkan tubuh kita. Dalam mengolahnya pun perlu kiat khusus agar kandungan gizi dan mineralnya tidak rusak. Memang, cara paling sehat dalam mengonsumsi sayur yang segar adalah tanpa dimasak. Atau, cukup dicuci dengan bersih agar dapat membunuh kuman lalu dikonsumsi.

Tapi sayangnya, tak semua orang suka mengonsumsi sayur mentah. Apalagi bagi ibu hamil yang memiliki tubuh lebih sensitif. Untuk itu, kita perlu kiat cerdas bagaimana memasak sayuran agar nutrisinya tidak hilang. "Mengolah sayur jika ingin ditumis sebaiknya sering dioseng-oseng, gunakan sedikit minyak saja agar tidak terlalu banyak minyak atau lemak." ujar dr. Stella Bella MGizi, SpGK.

Selain menumis, merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena hal ini beresiko menghilangkan nutrisi pada sayur dalam jumlah besar. Jika harus menggunakan cara ini, rebus  sayur hanya saat setelah air mulai mendidih. Pastikan untuk memasaknya dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Sebenarnya, ada beberapa  tips khusus untuk memasak dengan merebus. Tips khusus tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen di dalamnya berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan vitamin C dan nutrisi lain dalam sayur menguap. Untuk itu, pastikan memasak sayur di air yang telah mendidih dan kandungan oksigennya berkurang.
  2. Hindari merebus langsung sayur yang ditempatkan dalam air dingin. Itu hanya akan mengurangi kadar vitamin Cnya 10 hingga 12 kali lipat.


"Jangan merebus sayuran lama-lama, cukup hingga sayur sudah terlihat layu. Intinya sih cucilah dengan bersih. Jangan sesekali untuk menghangatkan sayuran ya. Ini juga tidak baik dan bisa membuat nutrisi pada sayur berkurang." tambah dr. Stella Bella MGizi, SpGK.

Nah, sedangkan untuk mengonsumsi buah kamu cukup memakannya langsung tanpa harus melewati proses agar manfaat buah bisa kita rasakan. Kamu juga bisa memakan buah seperti apel, pir dan anggur tanpa harus mengupas kulitnya. Tapi ingat, sebelum konsumsi buah beserta kulitnya, pastikan untuk mencuci bersih buah. Jika memang tidak suka makan buah secara langsung, kita bisa membuatnya menjadi jus buah. Hanya, jangan tambahkan apa-apa lagi di dalamnya.

"Kalau buah dijus justru malah gula sama airnya aja yang banyak. Jadi kita harus jeli kalau ingin membuat jus. Hindari menambahkan gula juga bahan lainnya. Memang, jus juga baik. Tapi akan lebih baik jika buah dikonsumsi secara langsung." tambah dr. Stella.

Well Ladies, sudah semakin tahu kan bagaimana tips mengonsumsi sayur dan buah yang benar? Semoga informasi ini bermanfaat dan kita pun bisa dapatkan manfaat sehat dari sayur maupun buah yang kita konsumsi sehari-hari.

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading