Sukses

Parenting

Agar Istri Lekas Hamil, Suami Wajib Punya Istirahat Cukup

Bagi pasangan yang telah menikah, tentunya ia sangat ingin segera mendapatkan buah hati di keluarga kecil yang dibangun bersama. Untuk beberapa pasangan, baru saja menikah hitungan minggu mungkin sudah diberi kabar gembira karena mereka akan segera memiliki buah hati dan program kehamilan yang dijalani membuahkan hasil menyenangkan. Tapi, tidak sedikit pasangan yang telah menikah selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tapi belum juga ada tanda bahwa si istri telah hamil.

Ketika menjalankan program hamil, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Dikutip dari laman parents.com, istirahat cukup, makan makanan penyubur kandungan, mengurangi konsumsi alkohol dan makanan maupun minuman yang mengandung kafein, olahraga cukup dan senantiasa tenang juga nyaman adalah kunci agar keberhasilan program hamil yang dijalankan membuahkan hasil yang baik. Tak hanya dilakukan oleh istri, hal ini juga harus dilakukan oleh suami.

Lauren Wise, dari Boston University School of Public Health mengungkapkan bahwa penelitian yang dilakukan pada 790 pasangan ditemukan bahwa mereka yang senantiasa memiliki istirahat cukup saat malam memiliki kesuburan yang lebih baik dari pasangan yang kurang istirahat. Lauren juga mengungkapkan bahwa selain pihak wanita (istri) yang harus menjaga kesehatan dan istirahatnya demi keberhasilan program kehamilan yang dijalankan, pihak suami pun harus memperhatikan kesehatan dan kecukupan waktu istirahatnya.

Idealnya, setiap pria membutuhkan waktu tidur atau istirahat selama 7 sampai 8 jam saat malam agar kualitas sperma yang dimiliki baik dan memudahkan istri hamil. Lauren mengatakan, "Kurang tidur pada pria (suami) berpengaruh buruk bagi kesuburannya. Ini bisa membuat pasangannya kesulitan hamil meski ia dinyatakan sebagai wanita sehat. Kurang tidur atau istirahat akan membuat pria mengalami penurunan libido, penurunan performa seks dan penurunan kualitas sperma."

Agar istri lekas hamil, para ahli mengungkapkan bahwa peran suami juga sangatlah penting. Kedua pasangan disarankan agar senantiasa menjaga kesehatan bersama agar program kehamilan yang dilakukan membuahkan hasil yang maksimal. Para peneliti juga menyarankan agar kedua pasangan senantiasa memeriksakan kondisi kesehatan mereka bersama dan berusaha bersama semaksimal mungkin agar segera diberi momongan.

Tak hanya istri yang harus memperhatikan kesehatan mereka, para suami pun juga harus senantiasa memperhatikan kesehatan mereka dan istirahat cukup jika ia ingin sang istri lekas hamil. Semoga, informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading