Sukses

Health

4 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi

Operasi baik besar maupun kecil selalu akan memberikan efek pada tubuh. Tubuh tentu akan jadi lemah dan butuh waktu dan perawatan khusus agar kembali pulih dan sehat. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan nutrisi yang masuk dalam tubuh pasca operasi.

Mengonsumsi jenis makanan yang tepat juga membantu dalam mempercepat proses penyembuhan dan membantu mengurangi pembengkakan atau ketidaknyamanan yang mungkin dialami pasca operasi. Makanan yang penuh nutrisi, vitamin dan mineral dapat membantu tubuh kita untuk memulihkan diri lebih cepat. Berikut ini adalah daftar makanan yang harus kamu makan untuk bisa pulih lebih cepat. Intip di sini yuk, Ladies.

Makanan Kaya akan Serat

Makanan kaya serat adalah makanan pertama yang harus banyak kamu makan. Makanan seperti roti gandum, sayur, dan buah adalah sumber serat yang sangat baik. Makanan ini juga mengandung banyak nutrisi penting dan vitamin. Serat dalam makanan ini juga akan mengatasi masalah sembelit setelah melakukan operasi.

Makanan Kaya akan Protein

Kamu juga disarankan untuk makan makanan yang kaya protein, karena akan membantu dalam penyembuhan cedera lebih cepat dan juga mendukung regenerasi awal jaringan.

Makanan Mengandung Lemak Sehat

Kamu juga memerlukan makanan kaya lemak sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh setelah operasi. Lemak juga membantu dalam memberikan kita energi setelah operasi. Mengkonsumsi lemak baik seperti kacang-kacangan, minyak zaitun dalam porsi yang tepat akan membantu tubuh menyerap vitamin yang mempercepat proses penyembuhan.

Makanan yang Kaya akan Antioksidan

Setelah operasi, perlu untuk mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk mengekang efek berbahaya dari radikal bebas yang dilepaskan selama operasi. Buah-buahan seperti jeruk, dan sayuran seperti brokoli, bayam, dan wortel merupakan sumber yang baik dari antioksidan dan harus dikonsumsi sebelum dan setelah operasi untuk meminimalkan efek berbahaya dari operasi.

Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut kamu juga harus banyak minum air Ladies. Ini akan membuat tubuhmu selalu terhidrasi dan membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading