Sukses

Lifestyle

5 Tanda Jika Kamu Punya Kepercayaan Diri Yang Rendah

Tidak setiap orang lahir dengan kepercayaan diri yang tinggi. Orang akan cenderung minder jika ia merasa kurang atau tidak punya kemampuan lebih dari orang lain. Orang yang punya kepercayaan diri yang rendah pasti merasa mudah terintimidasi.

Ini tandanya jika seseorang punya kepercayaan diri yang rendah.

    Tak bisa menerima pujian

    Ia lebih sering menerima kritikan daripada pujian, itulah mengapa ia merasa aneh ketika mendapat pujian dan bersikap menolak seakan ia tak pantas mendapat pujian. Orang normal akan menerima pujian dengan mengucap terima kasih.

    Menghindari kontak mata

    Orang yang merasa minder seringkali menghindari kontak mata dengan cara menunduk. ia juga tak bisa berlama-lama menatap lurus ke arahmu. Terkadang ia juga lebih suka menyatukan kedua tangannya dan menaruhnya dekat dengan tubuhnya.

    Minta maaf untuk hal tak beralasan

    Seringkali mereka juga minta maaf untuk hal-hal yang sebenarnya tidak mereka lakukan. Mereka tidak membuat kesalahan tapi mereka minta maaf, bahkan sebelum kamu melihat hasil pekerjaan mereka.

    Merendahkan diri sendiri

    Orang kurang percaya diri juga cenderung suka merendahkan diri sendiri, mengatakan bahwa ia tak cukup baik dan sebagainya. Bahkan seringkali ia bercanda dengan cara menjelekkan dirinya sendiri, sebelum orang lain melakukan atau ketika tak ada orang lain yang berpikiran buruk tentangnya.

    Susah membuat keputusan

    Biasanya mereka juga sulit menentukan keputusan karena seringkali bukan mereka yang di posisi memberi keputusan. Mereka selalu jadi pihak yang menerima keputusan. Bahkan untuk suatu pilihan mudah, ia sulit menentukan karena ragu dengan diri sendiri. Ia tak percaya ia bisa mengatasi keputusan yang ia ambil.

Terkadang kamu akan merasa kasihan ketika bertemu orang jenis ini, yang bisa kamu lakukan adalah mendukungnya. Memberinya kesempatan lebih untuk melakukan hal yang  membuatnya bisa mempercayai dirinya sendiri. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading