Sukses

Beauty

Ada Caranya, Ini Menyikat Gigi Yang Benar Bagi Dewasa dan Anak

Ketika sakit gigi menyerang, pasti membuat kita sangat tersiksa. Bukan hanya sakit secara fisik saja yang dirasa, tapi hal ini juga akan menghambat aktivitas kita.

Padahal kita sudah sikat gigi secara rutin, tapi sakit gigi tak terhindarkan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Nah, mungkin cara menyikat gigi kamu yang salah nih, ladies.

Untuk menghindarkan kita dari masalah gigi tersebut, drg. Ratu Mirah Afifah GCClinnnDent., MDSc, memberikan trik agar bisa menyikat gigi secara benar. Ini dia caranya.

[statpuisi]

  1. Sikat permukaan gigi bagian depan dengan sudut 45 derajat dari arah gusi ke gigi.
  2. Sikat permukaan gigi bagian luar dengan gerakan memutar ke depan dan ke belakang.
  3. Sikat permukaan kunyah gigi dengan gerakan maju mundur.
  4. Sikat permukaan gigi bagian dalam dengan gerakan memutar ke depan dan ke belakang dengan sudut 45 derajat dari gusi ke gigi.
  5. Sikat bagian dalam gigi depan dengan gerakan mencungkil dari gusi ke gigi. Jangan lupa menyikat lidah karena merupakan tempat bakteri berkumpul.

Tutup lah keran saat menyikat gigi. Berkumur cukup satu kali agar kandungan pasta gigi menempel lebih lama di gigi dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

"Menyikat gigi dengan pasta gigi ber-florida dan sikat gigi berbulu sikat lembut dapat membunuh kuman, mencegah gigi berlubang dan membuat gigi kuat," ungkap drg. Ratu

Begitu pun dengan sikat dan pasta gigi untuk anak harus diberikan secara tepat. Dampingi anak ketika sikat gigi agar ia dapat membersihkan gigi secara benar, hingga ke celah-celah gigi sampai ke belakang gigi.

Pakailah sikat gigi yang lebih kecil dari ukuran dewasa sebab anatomi gigi anak masih kecil. Anak usia 0-2 tahun tidak usah menggunakan pasta gigi, jika sudah berumur 2-7 tahun berikan pasta gigi hanya sebiji jagung dengan floride yang rendah agar aman jika tertelan.

"Kamu harus selalu mendampingi anak saat sikat gigi, agar mereka melakukan sikat gigi secara benar dan terhindar dari tertelannya pasta gigi. Berikan pasti gigi yang sama seperti orang dewasa saat umur mereka di atas tujuh tahun," ungkap drg. Ratu.

Nah, itu dia tips sehat cara menyikat gigi yang benar yang bisa kamu terapkan di rumah Moms.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading