Sukses

Lifestyle

Wah, Berpikir Tentang Pernikahan Bisa Mencegah Kamu Jadi Kriminal

Saat kamu nonton tv dan melihat acara berita, kamu pasti akan heran, karena sepertinya tindak kriminal akhir-akhir ini semakin banyak dan mengkhawatirkan. Kamu mungkin berpikir, bagaimana bisa orang zaman sekarang mudah sekali melakukan hal-hal melanggar hukum dan tidak pantas.

Tapi sebenarnya kemungkinan seseorang melakukan tindak kriminal bisa dilihat dari pemikirannya tentang pernikahan lho. Mungkin hal ini benar-benar tak terduga, tapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family baru-baru ini menemukan bahwa seseorang yang membayangkan ia akan menikah ternyata bisa mencegah ia melakukan tindak kejahatan.

Para peneliti dari Ohio State University menemukan bahwa para remaja dan anak muda dewasa yang punya bayangan atau pemikiran akan menikah atau ingin segera menikah selama lima tahun ke depan, diketahui jarang sekali terlibat masalah kejahatan atau kegiatan negatif.

Peneliti mengambil data dari National Longitudinal Survey of Youth pada tahun 1997, yang terdiri dari 7.507 laki-laki dan perempuan dengan rentang usia antara 15-20 tahun dan melihat aktivitas mereka selama tahun 2000-2001.

Partisipan diminta menggambarkan seperti apa bayangan mereka tentang pernikahan dalam lima tahun ke depan. Mereka juga ditanya apakah mereka pernah terlibat tindak kriminal atau kejahatan melanggar hukum (seperti misalnya,mencuri, merusak sesuatu, dan lain sebagainya) sejak terakhir kali mereka melakukan wawancara penelitian.

Hasilnya mengejutkan, mereka yang memiliki keinginan menikah atau ekspektasi mengenai pernikahan pada tahun 2000 ternyata sangat jarang melakukan tindak kriminal hingga tahun 2001, dibanding mereka yang tak punya bayangan akan menikah 5 tahun ke depan.

Peneliti mengeluarkan hipotesis bahwa anak muda dewasa yang membayangkan dirinya menikah kemungkinan besar merasa harus memperhatikan tingkah laku mereka seandainya nanti mereka menjadi suami atau istri, dan sebagai ayah atau ibu.

Tapi tentu saja faktor lain juga berpengaruh apakah seseorang cenderung melakukan tindak kriminal atau tidak, seperti misalnya kesehatan mental, tingkat pendidikan, dan status ekonomi seseorang. Namun kini kamu tahu, bahwa orang yang berpikir akan menikah kemungkinan tak akan melakukan hal-hal aneh.

Yaahhh...jadi meski kamu saat ini masih jomblo, tak masalah asal kamu masih punya harapan akan menikah dengan seseorang dalam 5 tahun ke depan. Ini untuk menjaga perilakumu dari perbuatan kriminal dan kejahatan, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading