Sukses

Lifestyle

Andalkan Dirimu, Karena Tidak Selamanya Orang Lain Ada Untukmu

Kamu adalah penanggung jawab diri kamu sendiri. Segala hal yang berkaitan denganmu akan menjadi tanggung jawab kamu. Keputusan yang kamu ambil saat ini sepenuhnya adalah tanggung jawab kamu, dan tidak sepenuhnya berpengaruh langsung pada orang lain. Maka percaya pada diri sendiri sangat penting dan perlu jangan sampai langkah kamu terhambat hanya karena sibuk memikirkan kepentingan orang lain. Pertimbangan orang lain memang penting tapi bukan berarti menjadikannya sebagai keputusan yang harus kamu ambil.

Jika selama ini kamu selalu mengandalkan orang lain, saat ini adalah waktu yang tepat untuk berubah. Mulai dari hal kecil yang berhubungan dengan diri kamu sendiri. Seperti memenuhi kebutuhan kamu seperti memasak, membersihkan kamar, mencuci baju dan hal kecil lainnya. Yakin bahwa kamu mampu dan bisa. Belajarlah untuk menghargai kemampuan kamu, maka tidak mungkin nantinya kemampuan kamu semakin terasah. Yakin bahwa kamu adalah sosok yang tangguh dan serba bisa.

Jangan sibuk mengeluh dan menyesalkan bahwa kamu tidak sanggup. Bagaimana kamu tahu kemampuanmu jika kamu tidak pernah mencoba. Semua orang memiliki kemampuan yang sama, maka tugas kamu adalah menyakinkan diri bahwa memang kamu sanggup.

Tidak ada salahnya mencoba hal yang baru. Setiap orang memiliki kemampuan yang sama. Perkara bisa dan mampu adalah kebiasaan. Saat kamu lapar cobalah belajar memasak, tidak perlu menunggu orang lain. Semua orang bisa memasak, jika kamu merasa tidak bisa hal itu hanya perkara keinginan saja. Jika kamu sanggup dan ingin maka tidak ada hal yang tidak bisa kamu lakukan.

Begitu juga dengan masalah finansial, jika selama ini kamu belum mampu untuk mengendalikan pendapatan dan pengeluaran kamu. Cobalah untuk mengatur keuangan kamu. Banyak belajar tentang tips keuangan. Cobalah untuk melakukan hal yang lebih tentang masalah keuangan. Jika selama ini kamu hanya mampu menghabiskan uang gaji, saatnya kamu belajar untuk mengolahya. Mulai dengan hal sederhana, misalnya belajar menabung secara rutin dan mencoba untuk beberapa investasi. Dengan belajar disiplin dalam mengatur keuangan maka tidak mungkin jika kamu dapat mengelola kebutuhan harian.

Dan yang terpenting dari semua hal di atas, cobalah untuk berpikir terbuka. Terima pendapat orang lain tapi bukan berarti memaksakan kehendak. Meskipun kehidupan kamu adalah hak sepenuhnya milikmu, tapi bukan berarti kamu mengabaikan kepentingan orang lain. Maka selamat hari ini, Ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading