Sukses

Beauty

Tips Praktis Atasi Mimisan Tanpa Panik

Mimisan adalah salah satu masalah kesehatan yang membuat banyak orang panik. Keluarnya darah dari hidung ini memang langsung membuat banyak orang merasa kaget dan panik. Well, panik tak akan membuat mimisan cepat reda Ladies. Alangkah baiknya untuk tetap tenang dan mengatasi mimisan dengan benar.

Mimisan terjadi karena ada pembuluh darah kecil di dalam hidung pecah, entah karena pukulan yang keras, bersin atau hal lainnya. Dilansir oleh patient.co.uk, berikut ini adalah beberapa tips untuk atasi mimisan tanpa panik.

  • Minta orang yang mimisan untuk duduk jika ia dalam keadaan berdiri. Jangan panik dan usahakan untuk tetap tenang Ladies. Jika kamu panik, maka si penderita dan orang lain akan ikut panik.
  • Setelah menemukan tisu atau kain minta penderita untuk menundukkan kepala ke depan untuk mengeluarkan semua darah dari hidung.
  • Setelah itu mintalah si orang yang mimisan ini untuk bernapas dari mulut dan menekan hidung mereka perlahan untuk menghentikan pendarahan setelah semua sisa darah keluar dari hidung.
  • Minta si penderita untuk tak berbicara, menelan, batuk, meludah dan mengendus atau menarik nafas sehingga berbunyi selama darah masih belum berhenti.
  • Setelah 10 menit, minta penderita untuk tekanan pada hidung mereka. Dengan cara menahan hidung biasanya mimisan akan berhenti dalam waktu 10 menit.
  • Jika cara tersebut masih belum efektif dan mimisan bertambah parah, maka cara terbaik adalah dengan membawa penderita ke rumah sakit terdekat.


Berikut tadi adalah cara untuk menghentikan sekaligus menenangkan orang yang sedang mimisan. Semoga bermanfaat ya Ladies. Intinya adalah jangan panik dan usahakan selalu tenang.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading