Sukses

Beauty

9 Alasan Utama Minuman Soda Bisa Perpendek Umurmu

Banyak orang masih suka beli minuman manis dan mengonsumsinya berkali-kali. Seakan tak sadar bahwa minuman kemasan semacam minuman soda mengandung banyak risiko kesehatan bahkan bisa memperpendek usia hidup.

Ini sekian alasan mengapa soda bisa membuatmu lebih cepat mati.

1. Soda bisa menurunkan fungsi ginjal. Penelitian 11 tahun dari Harvard Medical School menemukan bahwa soda berhubungan erat meningkatkan kerusakan ginjal hingga 2 kali lipat.

2. Soda meningkatkan risiko diabetes. Tak heran, karena soda memiliki kandungan gula tinggi yang bisa mengurangi kemampuan insulin tubuh dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 25%.

3. Soda bisa membuatmu gemuk hingga mandul
Soda kaleng mengandung BPA ( bisphenol A ), bahan kimia yang bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, mulai dari penyakit jantung hingga gangguan reproduksi.

4. Soda bisa membuatmu dehidrasi. Soda, meski bukan termasuk jenis kopi tapi ternyata punya kandungan kafein juga lho. Dan ini bersifat diuretik, atau mudah menyebabkan dehidrasi.

5. Pewarna soda bisa menyebabkan kanker
Pewarna buatan makanan yang digunakan dalam soda ternyata menyimpan potensi timbulnya kanker. Penelitian menemukan bahwa pewarna soda bahkan bisa menyebabkan kanker hati, paru-paru, tiroid dan leukemia setelah diujicoba pada tikus.

6. Membuat tubuh gemuk
Soda punya banyak gula dan hal ini jelas menunjukkan kalau soda mengandung kalori tinggi. Jika tak dibakar kalori akan dibentuk menjadi lemak dan membuatmu gemuk.

7. Asam pada soda bisa merusak gigi
Soda mungkin awalnya terasa manis, tapi akan membentuk asam di rongga mulut dan akan merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

8. Soda menurunkan kadar mineral tubuh
Soda mengandung asam fosfor yang bisa melunturkan kalsium pada tulang. Penelitian dari Tufts University, menemukan bahwa wanita yang minum 3 hingga lebih gelas soda per hari bisa menurunkan kalsium tulang pinggul pada wanita sehingga rentan retak.

9. Soda meningkatkan risiko asma
Bagi kamu yang cenderung alami asma, lebih baik hindari soda. Karena sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa konsumsi soda berlebih bisa menyebabkan timbulnya asma dan gangguan pernafasan lainnya.

Berbagai penelitian sudah banyak menunjukkan bahwa soda memang punya efek samping yang tak hanya bisa membuatmu cepat gemuk, tapi juga membuatmu rentan kena kanker dan penyakit jantung. jadi, masih saja suka minum soda?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading