Sukses

Beauty

Manfaat Rutin Puasa Seminggu Sekali Untuk Kesehatan Tubuh

Puasa Ramadan memang sudah tak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Namun ternyata membiasakan untuk berpuasa setidaknya seminggu sekali secara rutin juga sangat baik lho Ladies. Satu hari libur tentu sangat menyenangkan untuk menikmati masa istirahat yang tenang bukan? Ini juga berlaku untuk tubuh lho Ladies. Dilansir oleh boldsky.com, banyak ahli kesehatan yang menyarankanmu untuk memberi tubuh masa istirahat setidaknya sehari dalam seminggu. Ini bermanfaat untuk meremajakan tubuh.

Penelitian membuktikan bahwa puasa setidaknya sekali dalam seminggu atau sekali dalam sebulan bisa membuat tubuh makin sehat dibandingkan mengonsumsi suplemen kesehatan. Frekuensi puasa dapat disesuaikan berdasarkan status kesehatan dan gaya hidup. Tapi, yang paling direkomendasikan adalah puasa sekali dalam seminggu. Puasa akan memberikan istirahat yang cukup bagi tubuh. Plusnya kamu juga bisa menurunkan berat badan lho. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat sehat yang akan kamu dapatkan jika berpuasa rutin.

  • Pertama kamu akan mudah dalam menurunkan berat badan. Tak bisa dipungkiri bahwa asupan makanan berpengaruh terhadap berat badan. Saat kamu berpuasa lemak yang disimpan akan digunakan oleh tubuh untuk energi dan ini adalah cara terbaik untuk mengurangi berat badan.
  • Selanjutnya puasa akan membantu tubuh bermetabolisme dengan lebih cepat. Saat puasa tubuh akan meningkatkan kekuatan sistem untuk mencerna makanan.
  • Puasa akan membantu menjaga keseimbangan hormonal yang menimbulkan rasa lapar dan ini akan membantu mengatur pola makan.
  • Puasa juga akan meningkatkan fungsi otak dengan merangsang sel-sel untuk berfungsi lebih efisien. Puasa akan meningkatkan produksi protein bernama neurotrophic factor (BDNF), yang memicu banyak bahan kimia yang meningkatkan kesehatan sel-sel otak.
  • Berpuasa seminggu sekali ternyata juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini akan membantu untuk melawan radikal bebas dan dengan demikian mencegah kerusakan sel potensial dan mengurangi stres internal.
  • Racun yang terakumulasi dalam tubuh adalah salah satu alasan utama timbulnya masalah kulit seperti jerawat. Puasa sesekali akan membantu untuk mendetoksifikasi tubuh dengan begini kamu akan bisa memiliki kulit yang lebih bersih dan cantik.
  • Sel tubuh akan menjadi lebih sensitif terhadap insulin selama puasa, sehingga meningkatkan penyerapan glukosa.


Itu tadi adalah berbagai manfaat sehat yang didapat dari berpuasa setidaknya seminggu sekali Ladies. Tertarik untuk mencoba metode yang satu ini nggak sih? Semoga informasi ini berguna ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading