Sukses

Beauty

Butuh Berapa Lama Untuk Buang Air Besar? Ini Tandanya Jika Sehat

Ketika berkumpul dengan teman dan membicarakan masalah perut, kamu mungkin tahu ada teman-temanmu yang sering mengalami susah buang air besar atau justru sering diare jika salah makan sedikit. Sedangkan kamu sendiri sepertinya punya pencernaan yang normal, tak mudah sakit perut dan hanya sebentar jika harus buang air besar. Semuanya lancar.

Namun kamu pasti penasaran kan sebenarnya berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk buang air besar sehingga bisa dikategorikan dalam status normal dan sehat. Karena beberapa orang mungkin membutuhkan waktu lebih lama hanya untuk buang air besar.

Gregory Thorkelson, MD, psikiatris di departemen gastroenterologi, hepatologi, dan nutrisi di University of Pittsburgh mengatakan bahwa buang air besar seharusnya tak boleh lebih dari 15 menit. Dan kamu hanya perlu pergi buang air besar jika memang sudah terasa keluar.

Jangan masuk kamar mandi jika memang perut belum berkontraksi menunjukkan ingin buang air besar, karena nantinya kamu hanya akan memaksakan otot anus, dan kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan wasir atau hemoroid yang menyakitkan karena keluarnya pembuluh darah yang membengkak akibat terlalu sering menekan keluar.

Jika buang air besar yang kamu alami selalu lebih dari 10-15 menit, bisa jadi ini tanda ada yang salah dengan sistem pembuanganmu, ungkap dokter Thorkelson. Ini bisa dipicu karena stres, sehingga menurunkan aktivitas peristaltis usus yang menimbulkan melambatkan sistem pencernaan.

Bisa juga karena kamu mengalami konstipasi, di mana sistem pencernaan terganggu karena kurang serat dan cairan. Kamu bisa mengatasinya dengan memenuhi kebutuhan serat dan minum yang cukup agar pencernaan lancar.

Jadi, selama kamu sudah kebelet banget dan buang air besar tak lebih dari 15 menit, tandanya pencernaanmu normal. Kamu tak mengalami masalah dengan sistem pembuangan. Tandanya kamu sehat dan normal.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading