Sukses

Beauty

Bawang Putih Tak Selalu Jadi Obat, Hindari Jika Sedang Sakit Ini

Seperti yang banyak orang ketahui, bawang putih bukan hanya berfungsi sebagai bumbu masakan tapi juga menyimpan banyak manfaat kesehatan atau digunakan sebagai obat. Meski begitu, bawang putih tak kemudian bisa menyembuhkan segala penyakit.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang justru menganjurkan untuk menghindari konsumsi bawang putih. Beberapa penelitian menemukan bahwa ada enam tipe orang-orang yang sebaiknya tidak makan bawang putih apa pun alasannya, dan salah satunya adalah jika kamu punya masalah kesehatan organ hati.

Bawang putih punya kandungan antibakteri dan anti-virus yang bisa membunuh bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Mungkin karena fungsi inilah banyak orang kemudian makan bawang putih untuk mencegah hepatitis. Tapi nyatanya, sebuah penelitian ilmiah menyatakan bahwa bawang putih tak bisa mencegah, mengobati maupun membunuh virus hepatitis.

Masih belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa bawang putih bisa mengobati hepatitis dan sebagainya. Sebaliknya, beberapa kandungan alami dalam bawang putih bisa menstimulasi aktivitas usus dan perut yang berakibat pada melambatnya sekresi dalam pencernaan sehingga memperparah timbulnya gejala hepatitis, termasuk mual.

Bukan hanya itu, makan bawang putih dalam jumlah besar justru mampu menurunkan kadar hemoglobin darah dan menurunkan jumlah sel darah merah sehingga tubuh mudah mengalami anemia. Hal ini justru memperparah kondisi hepatitis.

Jadi, jika kamu punya masalah kesehatan dengan organ hati, sebaiknya jauh-jauh dari bawang putih ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading