Sukses

Lifestyle

Lakukan Ini Saat Mengalami Pelecehan Seksual di Kantor (Penting)

Pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja, tidak mengenal tempat maupun pelaku dan korban. Pelecehan seksual tidak hanya terjadi dengan cara ucapan maupun tindakan. Keduanya tetap membuat tidak nyaman. Pelecehan seksual pun dapat dilakukan di kantor, yang semakin membuat tidak nyaman karena berada di lingkungan kerja.

Semua orang tentu tidak ingin mengalaminya, tetapi tentu kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita di masa depan. Berikut adalah cara agar terlindung dari masalah pelecehan seksual, yaitu:

    Mengancam Akan Melaporkannya

    Ketika pelecehan seksual terjadi, cobalah untuk berbicara lebih keras untuk menghentikannya. Jika dia masih terus melakukannya maka ancam untuk melaporkan tindakannya. Beberapa pelaku pelecehan seksual akan berhenti setelah diancam akan dilaporkan tindakan tidak menyenangkannya tersebut.

    Mencari Korban dan Saksi Lain

    Ketika kamu mengalami pelecehan seksual mencari korban dan saksi yang lain sangat penting. Hal ini berfungsi untuk mendapatkan dukungan dari mereka. Mengumpulkan dukungan tersebut dan menuliskannya akan membantu kamu untuk mendapat dukungan untuk menyelesaikan masalah kamu.

    Sampaikan Kepada Atasan

    Jika berbicara dengan pelaku tidak membuat dia berhenti melakukannya, maka melaporkan kepada atasan akan membuatnya berhenti. Cobalah untuk menulis surat resmi kepada atasan kamu dan ceritakan dengan detail peristiwa pelecehan tersebut.

    Hubungi Manajer SDM

    Selain menghubungi atasan kamu, hal yang perlu kamu lakukan adalah melaporkannya kepada manajer Sumber Daya Manusia di kantor kamu. Mereka akan memberikan saran yang baik untuk kasus yang kamu alami. Dan bisa jadi, pelaku akan berhenti melakukan aksinya.

Ketika kamu mengalami pelecehan seksual, cobalah untuk lebih berani dan tegas melawannya. Kamu harus berani tegas untuk membela diri. Jika kamu lemah, maka pelaku akan terus melakukan hal tersebut tidak hanya padamu tetapi juga orang lain. Semoga kita terhindar dari pelecehan seksual.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading