Sukses

Beauty

Tahi Lalat, Titik Kecil Ketahui Potensimu Terserang Kanker Kulit

Matahari adalah bagian dari kehidupan, dan karena Indonesia menjadi salah satu negara dengan sinar matahari yang bisa ditemui setiap hari, maka kamu juga punya potensi terkena kanker kulit setiap harinya. Menakutkan ya? Tapi jangan khawatir, jika kamu bisa melindungi kulit dengan baik, kulit tak akan mudah terserang kanker.

Ada satu cara yang ditemukan oleh para peneliti untuk mengetahui seberapa besar potensi kanker kulit yang bisa kamu alami, yaitu dengan melihat tahi lalat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology 2015 kemarin, jumlah tahi alat di lenganmu bisa jadi prediksi besar tidaknya kamu terserang melanoma/kanker kulit.

Para peneliti di King's College London mengumpulkan data dari 3.594 wanita kembar Inggris dari 1995 hingga 2003. Semua perempuan ini menjalani tes kulit untuk mengetahui berapa banyak tahi lalat di tubuh. Ada korelasi antara jumlah tahi lalat di lengan tangan kanan dan tahi lalat di seluruh tubuh.

Wanita dengan tahi lalat lebih dari 11 di sekujur tangan kanan mereka punya kemungkinan 9 kali lebih besar tahi lalat ditemukan di sekujur tubuh, dan semakin banyak tahi lalat, semakin besar pula kemungkinan terserang kanker kulit. Peneliti menyatakan bahwa risiko kanker meningkat 4% per tahi lalat yang ditemukan di tubuh.

Tapi perlu digarisbawahi, bahwa penelitian ini hanya dilakukan pada wanita berkulit putih (ras Kaukasia), dan saat ini masih dilakukan pada wanita Amerika saja. Untuk wanita Asia, jarang yang memiliki begitu banyak tahi lalat.

Namun perlu diwaspadai pula, bahwa ada tahi lalat yang memang berpotensi kanker dan ada yang tidak. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mengetahui lebih pasti ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading