Sukses

Beauty

10 Kebiasaan Sehari-Hari yang Ternyata Merusak Gigi

Memiliki gigi putih bersih dan sehat tentu menjadi impian dari setiap orang. Saking senangnya dengan gigi putih, tidak sedikit orang bahkan rela melakukan berbagai perawatan gigi baik perawatan secara alami atau perawatan di klinik kecantikan dan kesehatan gigi. Sebenarnya nih ya, gigi putih dan sehat bisa saja rusak karena kebiasaan sederhana yang kita lakukan sehari-hari.

Dikutip dari dailymail.co.uk, setidaknya ada 10 macam kebiasaan sederhana sehari-hari yang ternyata sangat merusak gigi tapi tak pernah kita sadari. Dr Tariq Idrees, seorang dokter gigi asal Carisbrokk, Manchester mengatakan bahwa ada banyak hal sederhana yang merusak gigi dan membuatnya menjadi kuning, mudah rapuh dan berlubang.

Dokter Tariq juga mengatakan bahwa hampir sebagian besar orang tidak sadar dengan kebiasaan yang sering merusak gigi ini. Banyak orang menganggap bahwa kebiasaan ini tetap sehat dan justru membuat gigi lebih sehat dan putih. Kira-kira, apa saja kebiasaan sederhana yang bisa merusak gigi tersebut? Berikut ulasannya.

(vem/mim)

Mengunyah Es Batu

Mengunyah Es Batu
Kebiasaan pertama yang sangat merusak kesehatan gigi adalah mengunyah es batu. Kalau pun tidak mengunyah es batu, menempatkan es batu pada minuman manis seperti sirup dan soda juga akan membuat gigi mudah rusak. Para ahli mengatakan bahwa suhu rendah dari es batu tak hanya membuat gigi linu. Lebih jauh, ia juga akan membuat gigi mudah rapuh dan patah.

Makan Buah Kering
Dokter Tariq mengungkapkan bahwa makan buah kering juga menjadi penyebab utama gigi rusak dan menjadi kuning. Umumnya, buah kering akan lebih banyak mengandung vitamin C dan zat lain yang justru berbahaya bagi kesehatan gigi. Tak hanya membuat gigi menjadi kuning atau linu, buah kering juga rentan menyebabkan gigi berlubang karena kandungan gulanya yang berlebih.

Minum Alkohol / Wine

Minum Alkohol / Wine
Apakah kamu punya kebiasaan minum alkohol atau wine? Jika iya, usahakan untuk menghentikan kebiasaan ini. Para ahli kesehatan gigi menemukan bahwa kandungan zat di dalam minuman beralkohol dan wine bisa menjadi penyebab gigi kuning, gigi mudah patah dan rentan menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut, gusi dan gigi.

Berenang
Berenang merupakan salah satu aktivitas yang bisa membuat tubuh makin sehat, bugar dan langsing. Tapi, berenang juga memiliki dampak buruk bagi kulit maupun gigi. Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Dentistry dan Journal of Dental Association mengungkapkan bahwa zat kimia yang terdapat di kolam renang khususnya zat klorin bisa membuat gigi mudah rusak. Zat ini juga memungkinkan gigi menjadi lebih sensitif dan mudah rapuh.

Minum Teh, Kopi dan Lemon Panas

Minum Teh, Kopi dan Lemon Panas
Kebiasan minum teh, kopi dan lemon panas dikatakan menjadi salah satu kebiasaan yang menyenangkan. Tapi, jika hal ini dilakukan terlalu sering, kebiasaan sederhana ini bisa menyebabkan gigi rusak, gigi mudah kuning dan pengendapan kafein yang berbahaya bagi gigi. Kalau pun ingin gigi tetap sehat dan bersih, disarankan agar kamu berkumur dengan air bersih selepas minum teh, kopi dan lemon.

Menggunakan Sikat Gigi Dengan Bulu Keras
Bagi beberapa orang, menggunakan sikat gigi dengan bulu keras adalah suatu hal yang nyaman dan membuat sisa kotoran makanan bisa dibersihkan dengan mudah dan cepat. Tapi nih ya, bulu sikat yang kasar justru akan membuat lapisan paling luar yang melindungi gigi akan mudah lepas dan menjadikan gigi rentan terhadap bakteri. Bulu sikat yang keras juga akan meningkatkan luka pada sekitar gigi maupun gusi.

Terlalu Sering Sikat Gigi

Terlalu Sering Sikat Gigi
Dokter Tariq mengatakan bahwa sikat gigi dua kali dalam sehari sudah cukup. Menyikat gigi terlalu sering justru akan membuat gigi mudah rusak dan mengalami masalah. Apalagi, jika menyikat gigi ini dilakukan setelah makan buah nanas, kismis, mangga dan buah yang mengandung banyak zat asamnya atau minum minuman bersoda.

Makan Buah Terlalu Banyak
Pada dasarnya, buah adalah makanan yang sehat dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Tapi, makan buah terlalu banyak atau berlebih ternyata bisa bikin gigi mudah rusak, mengalami masalah dan sakit. Zat asam yang terkandung di dalam buah dipercaya bisa membuat gigi mengalami erosi, mudah rapuh dan mudah retak juga berlubang.

Menggunakan Gigi Untuk Menyobek Plastik

Menggunakan Gigi Untuk Menyobek Plastik
Diakui atau tidak, pastinya banyak dari kita yang menggunakan gigi sebagai alat untuk menyobek plastik, kertas atau benda lainnya. Asal kita tahu, kebiasaan ini sangatlah tidak baik dan tidak dianjurkan. Menggunakan gigi sebagai alat bisa saja membuat gigi mudah rapuh dan mudah copot karena akarnya tidak nempel di gusi dengan baik.

Menindik Lidah
Saat ini tidak sedikit orang yang menindik lidah. Katanya sih biar gaul dan kekinian. Tapi nih ya, memakai tindik di lidah justru akan mengganggu kesehatan mulut dan gigi. Penggunaan tindik juga akan memungkinkan perkembangan serta pertumbuhan bakteri juga virus di mulut dan gigi. Well, jika kamu ingin gigi dan mulut yang sehat, disarankan agar kamu tak pernah menindik lidah. Kalau pun sudah terlanjur ditindik, usahakan agar kamu melepas tindikan tersebut dan usahakan untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Itulah beberapa kebiasaan sederhana yang sering kita lakukan namun bisa merusak dan melemahkan kesehatan serta kecantikan gigi. Walau kebiasaan ini sering kita lakukan, banyak dari kita yang jarang menyadari kebiasaan ini bisa merusak gigi. Untuk dapatkan gigi yang sehat dan cantik serta kuat, usahakan agar menghentikan kebiasaan di atas ya? Jangan lupa pula untuk memeriksakan gigi di klinik kesehatan gigi setidaknya 3 bulan sekali.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading