Sukses

Beauty

Teman VS Orang Asing, Cara Ketawa Kita Ternyata Berbeda Lho!

Kamu mungkin tak menyadarinya, tapi ternyata ekspresi dan sikap kita di depan teman dan orang tak dikenal bisa sangat berbeda lho, apalagi reaksi tersenyum. Ada banyak hal yang mempengaruhi perbedaan reaksi ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences  menemukan bahwa kebanyakan orang ternyata tertawa secara berbeda ketika mereka di depan teman-teman dan di depan orang yang tak dikenal.

Menurut Dr. Greg Bryant, penulis penelitian tersebut, mengatakan bahwa tertawa antara teman biasanya lebih keras, lebih cepat, dan panjang, juga tidak memperhatikan kontrol saat tertawa. Bahkan orang lain bisa menilai apakah kamu sedang bersama teman atau bersama orang yang tak kamu kenal saat kamu ngobrol dengan mereka dilihat dari cara tertawamu.

Penelitian ini diikuti oleh 966 partisipan dari 24 latar belakang berbeda dan para peneliti memainkan 48 audio klip pendek pada mereka. Di sekian banyaknya video tersebut dibedakan menjadi dua kategori, yaitu video perbincangan seseorang dengan temannya, dan seseorang dengan orang yang baru ditemui. Perbincangan ini bisa antara wanita & wanita, wanita & pria atau pria & pria.

Secara mengejutkan, setelah mendengar klip-klip tersebut , 61% partisipan bisa menebak dengan benar hubungan antara kedua orang yang sedang bicara tersebut, apalah mereka teman atau saling tidak kenal hanya dari cara mereka tertawa.

Ketika diperdengarkan percakapan antara 2 wanita yang berteman, keakuratan semakin tinggi, 83% partisipan secara akurat menebak hubungan bahwa dua wanita ini berteman saat mendengar cara mereka tertawa. Banyak orang ternyata bisa dengan mudah menebak hubungan antar wanita dalam kehidupan masyarakat, dibanding ketika mereka menebak hubungan antar pria.

Tidak heran, dibanding pria, wanita umumnya lebih canggung ketika bertemu orang baru, bahkan jika mereka sama-sama wanita. Kedekatan sosial dan emosional antar teman biasanya menguatkan perasaan dan rasa nyaman sehingga cara tertawa pun bisa lepas dan santai. Hal itu mungkin yang menjadi salah satu faktor mengapa kamu tertawa secara berbeda ketika bertemu bicara dengan orang yang baru kamu kenal.

Tertawa mungkin suatu hal yang biasa, tapi ternyata mampu mengungkapkan banyak hal tentang dirimu dan orang lain. Kamu sendiri mungkin bisa menilai sendiri ketika mengalaminya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading