Sukses

Beauty

Inilah Cara Menggunakan Essential Oil Yang Aman

Selama ini kita mengenal berbagai metode pengobatan herbal menggunakan bahan-bahan alami. Bahan herbal memang dipercaya berkhasiat mengobati berbagai penyakit dengan efek samping yang lebih minim daripada bahan-bahan kimiawi.

Salah satu yang banyak digunakan sebagai pengobatan herbal adalah essential oil. Mulai dari lavender, eucalyptus, rosemary hingga lemon. Namun, meski terbuat dari bahan alami, penggunaan essential oil pun tak boleh sembarangan lho, Ladies.

Penggunaan essential oil, khususnya untuk anak-anak dan balita harus diperhatikan khusus. Kesalahan aplikasi justru dapat berbahaya bagi kulit dan tubuh. Lalu hal-hal apa saja sih yang sebaiknya kita tahu sebelum menggunakan essential oil? Berikut yang kami lansir dari crunchybetty.com:

    Essential Oil Bukanlah 'Minyak'

    Essential oil tak mengandung asam lemak seperti yang terkandung dalam minyak, meskipun ada kata "oil" pada namanya.

    Essential Oil Sebenarnya Adalah ...

    Konsentrat tumbuhan yang digunakan untuk kebutuhan kosmetik dan medis.

    Amankah Dioleskan Ke Kulit?

    Beberapa essential oil memang tidak diperuntukkan untuk dioleskan ke kulit langsung. Melainkan harus dicampur dengan minyak, wax, butter ataupun alkohol. Karena sifatnya yang konsentrat, jika tidak dicampurkan bahan lain, bisa jadi kulit akan iritasi.

    Amankah Untuk Anak-Anak Dan Bayi?

    Anak-anak dan bayi punya kulit yang lebih sensitif dan tipis daripada orang dewasa. Gunakan 1/2 resep dari yang disarankan dan hindari mengaplikasikan langsung essential oil ke kulit bayi dan anak.

    Bagaimana Mengecek Keamanan Essential Oil di Kulit?

    Campurkan satu tetes essential oil dengan 1/2 sendok teh minyak zaitun atau minyak jojoba. Gosokkan pada bagian dalam lengan dan tunggu beberapa saat. Jika terdapat ruam kemerahan atau gatal, artinya kulit mengalami alergi terhadap essential oil tersebut.

Essential oil dapat menjadi alternatif untuk pengobatan alami bagi keluarga. Kini semakin banyak pilihan essential oil yang beredar di pasaran. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading