Sukses

Parenting

Anak Perempuan Masa Kini Lebih Cepat Menstruasi, Apa Penyebabnya?

Ladies, masih ingatkah kapan kamu mendapatkan menstruasi pertamamu? Saya masih ingat, kala itu mendapat menstruasi pertama di usia 12 tahun. Sementara saat itu memang sudah banyak teman-teman perempuan mengalami menstruasi pertama, di usia 11 tahun. Setahun lebih dahulu daripada saya.

Tetapi, pengalaman berbeda justru dialami keponakan saya yang mendapatkan menstruasi pertamanya di usia 10 tahun. Rupanya saat ini sudah banyak anak-anak perempuan mendapatkan menstruasi di usia yang lebih muda daripada 10-20 tahun yang lalu. Apa sih yang menyebabkan hal ini terjadi?

Meski tidak mutlak, namun sebuah temuan yang dilansir oleh thehealthsite.com cukup mengejutkan. Para ahli telah menemukan, konsumsi daging merah yang cukup sering dapat menyebabkan pubertas datang lebih dini. Hal ini terkait dengan risiko kanker payudara, penyakit jantung, obesitas dan diabetes tipe-2. Anak-anak perempuan yang sering makan daging merah akan mengalami periode menstruasi lima bulan lebih awal daripada mereka yang tidak.

Berlawanan dengan temuan ini, anak-anak perempuan yang mengonsumsi lemak ikan seperti tuna dan sarden lebih dari satu kali seminggu, mengalami siklus menstruasi pertama yang lebih lambat. "Hal ini penting karena beberapa faktor makanan turut mempengaruhi waktu datangnya pubertas pada seseorang. Temuan ini juga diharapkan dapat menjelaskan mengapa konsumsi daging merah pada usia dini berhubungan dengan peningatan risiko kanker payudara di kemudian hari," ujar Erica Jansen dari University of Michigan, Amerika Serikat.

Penelitian ini tentunya masih memerlukan pengembangan lebih lanjut. Tetapi tak ada salahnya mengatur takaran asupan gizi, terutama daging, pada anak-anak kita. Jangan sampai terlalu berlebihan agar tak menimbulkan tumpukan risiko penyakit di kemudian hari.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading