Sukses

Beauty

Terbukti, Olahraga Ketahanan Fisik Bikin Kamu Makin Cerdas

Belajar mungkin jadi aktivitas dan rutinitas yang paling bisa meningkatkan intelegensi dan itulah tujuan utama kamu bersekolah. Tapi ada banyak hal lain yang ternyata bisa membuatmu makan cerdas lho Ladies, salah satunya adalah olahraga ketahanan fisik.

Olahraga seperti lari, bersepeda, berenang, bola bakset, sepak bola, bela diri, aerobik, push up dan bahkan mendayung ternyata bisa membuatmu lebih cerdas secara alami. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiology, olahraga yang melibatkan aerobik fisik seperti bersepeda dan lari dapat meningkatkan aktivitas neurogenesis dalam otak.

Dengan kata lain, kamu akan lebih baik dalam mempelajari hal-hal baru dan lebih tahan dalam menghadapi masalah atau kesulitan dalam hidup. Dalam hal ini, para penelitian menguji coba pada tikus untuk melihat bagaimana bisa aktivitas seperti lari bisa mempengaruhi neurons dalam otak.
 
Ternyata mereka yang melakukan olahraga ketahanan fisik menunjukkan lebih respon baik mengenali atau mempelajari hal baru. Meskipun memang penelitian ini masih diuji coba pada tikus saja, namun diduga besar kemungkinan hal yang sama akan terjadi pada otak manusia jika mereka juga melakukan olahraga ketahanan fisik.

ini bisa jadi berita bagus dalam hal kesehatan karena olahraga kardio (yang juga termasuk olahraga ketahanan) bukan hanya menjaga kesehatan jantung, tapi juga membuatmu lebih cerdas.

Lagipula ini bukan penelitian pertama kalinya mengangkat tentang tema yang sama. Sebelumnya, Wendy Suzuki, Ph.D. (neurologis) mengungkapkan bahwa beberapa penelitian pun menunjukkan ternyata latihan aerobik bisa meningkatkan kemampuan otak, ingatan dan membantu menurunkan stres.

Jadi, ingin punya tubuh lebih sehat, kuat, lebih bugar sekaligus punya otak encer? Kamu perlu menerapkan olahraga aerobik dan ketahanan fisik lainnya mulai sekarang deh Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading