Sukses

Beauty

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Terkena Gangguan Tiroid

Saat kamu mengalami gangguan tiroid, sedikit banyak kesehatanmu akan terganggu. Kelebihan atau kekurangan hormon tiroid bahkan bisa mengancam jiwa. Hanya saja tak semua orang dapat mengenali gejala atau tanda-tanda dirinya terkena gangguan tiroid.

Dilansir dari lifehack.org, gangguan tiroid bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit seperti merosotnya atau melonjaknya berat badan, infertilitas, dan mood yang naik turun. Wanita berusia 35 tahun ke atas punya risiko lebih besar mengalami gangguan tiroid.

Tiroid punya peranan besar dalam mengatur fungsi kerja organ tubuh dan memproduksi hormon-hormon tubuh. Mulai dari mengatur pernapasan, detak jantung, kekuatan otot, berat badan, siklus menstruasi, kadar kolesterol, hingga suhu tubuh. Hanya saja gejala gangguan tiroid sendiri sangat beragam dan bisa sangat sulit untuk dideteksi sejak awal.


Sekarang, yuk kenali tanda-tanda umum seseorang terkena gangguan tiroid. Jangan-jangan selama ini kamu merasakan tanda-tanda ini hanya saja tak menyadari kalau itu adalah sinyal tubuhmu mengalami gangguan tiroid.

1. Hilangnya Gairah Seksual
Hipotiroid bisa menghilangkan gairah seksual. Gairah seks yang rendah umumnya disebabkan oleh sedikitnya hormon tiroid. Hormon tiroid juga mempengaruhi kelenjar anak ginjal juga hormon seks.

2. Kulit Kering dan Gatal
Ruam-ruam di kulit juga bisa muncul karena buruknya kinerja tiroid yang melemahkan sirkulasi darah, penampilan kulit akhirnya berubah. Selain itu, tubuh yang hanya bisa berkeringat sedikit juga disebabkan oleh lambatnya metabolisme tubuh, kulit akhirnya jadi kering dan gatal karena kelembabannya yang rendah.

3. Sistem Pencernaan Terganggu
Hipotiroid bisa menyebabkan tubuhmu sulit mencerna makanan dengan baik dan menyebabkan konstipasi. Di sisi lain, hipertiroid bisa membuatmu lebih sering buang air dan parahnya lagi bisa menyebabkan diare.

4. Suhu Tubuh Naik Turun
Kelenjar tiroid punya fungsi untuk mengontrol suhu tubuh. Hipotiroid bisa menurunkan suhu tubuh, sementara hipertiroid bisa menaikkan suhu tubuh.

5. Badan Pegal-Pegal Tanpa Tahu Sebab Pastinya
Apakah otot-otot tubuhmu sering terasa sakit atau pegal? Ini bisa jadi tanda fungsi tiroid yang melemah. Hipotiroid bisa membuat produksi hormon pengatur metabolisme berkurang. Akibatnya metabolisme terganggu dan kadang bisa menyebabkan kerusakan saraf.

6. Gampang Capek dan Sering Lupa
Sering gampang capek dan kehilangan tenaga secara tiba-tiba? Mungkin itu disebabkan tubuhmu kekurangan hormon. Hal ini bisa mengganggu fungsi otak dan sistem saraf yang menyebabkan rasa kantuk, tubuh yang gampang capek, dan pusing. Suasana hati (mood) yang menurun juga bisa jadi tanda kamu mengalami gangguan tiroid.

7. Berat Badan Naik
Rasa-rasanya kamu makan seperti biasa. Bahkan porsi makanmu sama dengan anggota keluarga atau temanmu yang lain. Tapi kok cuma kamu yang berat badannya naik? BIsa jadi ini karena metabolismemu terganggu karena fungsi hormon tiroid yang tak bekerja sempurna.

Kalau kamu mengalami tanda-tanda di atas, ada baiknya segera menghubungi dokter, Ladies. Lebih cepat lebih baik. Agar bisa segera ditangani dan kondisimu tak makin parah nantinya.  



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading