Sukses

Beauty

Tak Pernah Sendirian? Kamu Justru Bisa Makin Stres

Setiap orang pasti butuh orang lain karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Itulah mengapa punya banyak teman itu menguntungkan dan membuatmu tak merasa kesepian. Bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu bahkan membuatmu sehat secara akal, mental dan badan.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata terlalu sering bersama orang lain justru tak baik untuk kesehatan? Jika kamu tak pernah sendirian atau menghabiskan waktu sendiri, kamu juga perlu waspada karena sesekali menghabiskan waktu sendirian bisa memberi efek sangat bagus untuk kesehatan mental.

Bahkan untuk mereka yang suka dikelilingi banyak orang atau berada di lingkungan yang ramai, mengistirahatkan diri dengan cara menghabiskan waktu sendirian akan membantu membangun karakter dan bisa mengembangkan pikiran kreatif.

Sebuah penelitian menyatakan, jika ingin memiliki hidup yang bahagia kamu perlu mengimbangi waktu antara kehidupan sosial dan kehidupan pribadi. Penelitian di Harvard juga menemukan bahwa orang-orang yang punya ingatan kuat adalah mereka yang bukan hanya suka bersosialisasi, namun juga menghabiskan waktu mencari pengalaman saat sendirian.

Memiliki waktu tertentu untuk diri sendiri itu sangat penting, untuk mengistirahatkan diri dari keramaian, introspeksi diri, dan melepas stres. Karena terkadang kamu akan menerima banyak pengaruh dan lebih banyak tekanan dari orang-orang di sekitarmu yang justru bisa membuatmu makin tidak sehat secara mental dan pikiran.

Jadi, jika ingin sehat secara mental, yang kamu butuhkan adalah mengimbangi waktu yang kamu miliki, baik untuk bersosialisasi maupun menghabiskan waktu untuk dirimu sendiri.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading