Sukses

Beauty

6 Manfaat Dan Hal Yang Terjadi Di Dalam Tubuh Kamu Saat Bersepeda

Kamu pasti sudah mengenal sepeda sejak lama, bahkan sejak kecil. Sepeda yang dikayuh bukan hanya jadi alat transportasi yang bebas polusi dan menghibur, namun juga jadi benda yang akan membuat tubuh kamu bebas penyakit dan bugar. Bersepeda jadi cara olahraga menyenangkan yang punya banyak manfaat kesehatan, seperti yang digambarkan dalam infografik dari fix.com berikut ini.

copyright by fix.com1.  Olahraga ringanBersepeda memberikan efek ringan (low impact) yang tidak melelahkan ketika dilakukan secara berkala dan dalam jangka waktu lama, tidak seperti olahraga kardiovaskular lainnya yang mudah membuat tubuh lelah seperti berlari. Bahkan sepeda sangat nyaman dilakukan untuk mereka dengan usia senja 70-80 tahun. 2. Meningkatkan energi dan menurunkan rasa lelahSebuah penelitian menemukan bahwa bersepeda mampu meningkatkan energi sebanyak 20% dari sebelumnya dan menurunkan kelelahan hingga 65%. Yang lebih menakjubkan, bersepeda bisa merangsang pelepasan dopamin di otak sehingga ingatan lebih tajam dan fresh.

copyright by fix.com3. Menjaga jantungDalam sebuah penelitian kecil membuktikan, seorang wanita yang bersepeda dengan intensitas sedang hingga tinggi (sering) sebanyak 3 kali per minggu dengan waktu paling tidak 30 menit, setelah satu tahun ternyata mampu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Bersepeda juga menurunkan risiko penyakit jantung koroner.4. Membakar kaloriBersepeda santai (10 meter per jam) ternyata bisa membakar kalori lebih banyak daripada jalan kaki biasa. Bahkan bersepeda dengan kecepatan sedang (12-14 meter per jam) bisa membakar 500 kalori hanya dalam waktu 60 menit, dan masih bisa membakar kalori setelah bersepeda selama detak jantung belum kembali normal.

copyright by fix.xom5. Meningkatkan kewaspadaan mentalSebuah penelitian menemukan bahwa memori, daya ingat dan kinerja otak seseorang jadi lebih baik setelah melakukan aktivitas bersepeda selama 30 menit, baik secara langsung maupun menggunakan sepeda statis.6. Membuat kamu panjang umur Karena bersepeda bisa menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, membakar kalori, menjaga kebugaran otak dan jadi olahraga jantung yang baik, bersepeda didaulat jadi olahraga yang bisa memperpanjang seseorang yang melakukannya.

Jadi, jika ingin tetap sehat tanpa harus pergi ke gym dan membayar mahal kelas olahraga, ada baiknya kamu mulai mengeluarkan sepeda di rumah dan mengayuhlah untuk menjaga kesehatan tubuh kamu ladies.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading