Sukses

Beauty

Biar Demam Nggak Makin Menyiksa, Ambil 5 Langkah Pertolongan Pertama Ini

Kalau tubuh diserang demam, rasanya pasti menyiksa sekali. Mau beraktivitas tidak bisa. Menggerakkan badan pun susah sekali. Demam merupakan respon alami tubuh untuk melawan virus dan bakteri penyebab infeksi. Saat suhu tubuh naik (demam), kuman dalam tubuh akan dibuat lemah dan dicegah agar tak makin banyak. Karena demam ini cara alami tubuh melindungi diri, maka pengobatannya pun tak bisa sembarangan.

Biar demam nggak makin parah atau menyiksa, lakukan tiga langkah pertolongan pertama ini. Selengkapnya, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Minum Banyak Air Putih
Dehidrasi bisa membuat suhu tubuh naik, sakit kepala, pusing, kram otot, tekanan darah rendah, dan kejang-kejang. Kalau demam, penuhi kebutuhan cairan tubuh semaksimal mungkin. Orang dewasa umumnya butuh 2 liter air tiap harinya. Setidaknya setiap dua jam sekali, minum 250 cc air putih. Hindari minuman berkafein karena yang terbaik untuk tubuh ketika demam adalah air putih murni.

Gunakan Baju Super Nyaman
Saat demam, gunakan baju longgar dan nyaman. Hindari baju yang terlalu ketat atau bertumpuk. Pastikan sirkulasi udara tetap lancar dan tubuh bisa "bernapas" dengan leluasa.

Atur Suhu Udara Ruangan
Suhu udara ruangan jangan sampai terlalu tinggi. Kalau terlalu gerah, tubuh akan memproduksi keringat berlebih dan ini bisa mengakibatkan dehidrasi. Sebaiknya jaga suhu ruangan dalam suhu kamar (20-25 derajat celcius).

Mandi Air Hangat
Mandi air hangat bisa bantu turunkan demam, mengatasi otot kaku, dan membuat tubuh lebih rileks. Tubuh pun jadi bersih sehingga bisa mencegah terjadinya penyebaran bakteri atau infeksi. Hanya saja hindari penggunaan air yang terlalu panas karena malah bisa menaikkan suhu tubuh.

Kompres Hangat
Kalau mandi terasa terlalu berat, coba buat kompres hangat. Rendam handuk kecil dalam air hangat, peras, lalu letakkan di atas kening atau di bawah lengan. Cara ini bisa menjaga suhu tubuh kembali stabil dan melancarkan sirkulasi darah. Hindari penggunaan air es yang malah bisa membuat tubuh makin menggigil dan suhu tubuh jadi makin tinggi.

Saat terkena demam, langsung ambil waktu istirahat di rumah. Ambil waktu tidur yang cukup dan benar-benar istirahat total.

Kalau badan sudah menunjukkan sinyal buruk dan suhu tubuh meningkat, segera ambil tindakan pertolongan pertama di atas. Kalau masih belum membaik dan malah makin parah, hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.







(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading