Sukses

Beauty

Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Sayuran yang Kita Konsumsi Jadi Lebih Sehat!

Menjaga kesehatan tubuh dengan memperbanyak konsumsi sayur-sayuran adalah salah satu langkah bijak yang perlu Anda lakukan. Sayangnya, cara mengolah dan memasak sayur-sayuran yang salah kadang justru mengambil semua vitamin dan nutrisi penting dalam sayur, sehingga membuat sayur-sayuran tersebut berkurang nilai kesehatannya.

Nah, agar sayur-sayuran yang Anda beli tidak rusak nilai gizinya, hindari 5 kesalahan dalam mengolah sayuran berikut ini yuk...

    Mencucinya dengan Asal-Asalan

    Sayuran yang kita beli di pasar atau di tukang sayur langganan depan rumah pasti tidak lepas dari pestisida dan berbagai bahan kimia saat ditanam. Oleh sebab itu, sayuran yang baru dibeli harus dicuci dengan bersih sebelum diolah menjadi bahan masakan.

    Seperti dilansir dalam laman www.eatthis.com, hindari mencuci sayuran dengan asal-asalan. Sebab, hal ini bisa saja membuat sisa-sisa pestisida yang menempel pada sayuran tidak terbuang dengan sempurna. Pastikan Anda mencuci sayuran hingga terendam ke semua bagian. Lalu, bersihkan di dalam air dan cuci dengan air mengalir. Jika perlu, Anda bisa  merendamnya sebentar dengan air garam untuk meluruhkan kotoran-kotoran yang mungkin masih menempel di sela-sela batang sayuran.

    Membuang Bagian-bagian Penting dari Sayuran

    Tanpa kita sadari, saat kita membersihkan dan memotong-motong sayuran, kita membuang bagian penting dari sayuran tersebut. Sebagai contoh, saat kita memasak brokoli. Kita pasti membuang bagian bonggol dari brokoli tersebut dan hanya menggunakan bagian bunganya saja. Padahal, bagian bonggol ini kaya akan nutrisi dan vitamin penting yang tidak terdapat di bagian lainnya.

    Memasaknya Terlalu Lama

    Banyak dari kita yang mungkin beranggapan bahwa sayuran harus dimasak dalam waktu yang lama agar matang dengan sempurna. Anggapan ini, salah besar. Sebab, memasak sayuran terlalu lama akan menghilangkan kandungan nutrisinya. Sebaiknya, Anda tidak memasak sayuran lebih dari 3 menit. Hindari proses memasak dan merebus sayuran yang terlalu lama. Sebagai gantinya, Anda bisa men-steam sayuran tersebut.

    Memakannya Mentah

    Beberapa sayuran memang baik jika dimakan mentah. Tapi, beberapa sayuran lain, seperti tomat, justru membutuhkan proses memasak yang sesuai agar Anda bisa menikmati semua kandungan nutrisinya.

    Mengolahnya Menjadi Jus

    Kedengarannya memang lebih praktis dan nggak ribet. Sayangnya, jika Anda terbiasa mengejus sayuran yang akan Anda konsumsi hal ini juga akan mengurangi kandungan serat yang ada di dalam sayuran tersebut. Nah, itu dia beberapa kesalahan mengonsumsi sayuran yang sebaiknya Anda hindari mulai sekarang Ladies.

Nah itulah 5 kesalahan yang umum kita lakukan saat mengolah sayuran sebelum mengonsumsinya. Setelah mengetahui 5 common-mistakes ini, alangkah baiknya jika kita bisa menghindarinya agar nutrisi dalam sayuran tersebut tetap terjaga ya, Ladies.



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading