Sukses

Beauty

Seledri Kabarnya Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Benar Nggak Ya? Baca Yuk...

Seledri atau dikenal nama ilmiah Celery Apium Grafeolens ini merupakan herba yang memiliki tinggi sekitar 25 – 100 cm. Batang seledri bersegi dan beralur membujur, dengan bunga berjumlah banyak, kecil, dan berwarna putih atau putih kehijauan.

Tanaman yang dikenal dengan nama Sledri di Jawa Timur ini dapat dibagi menjadi 3 bagian seledri daun, seledri potongan (tangkai) dan seledri berumbi. Tangkai yang berdaging dan berair dapat dimakan mentah sebagai lalapan, sedangkan daunnya bisa digunakan sebagai penyedap sup.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan bumbu penyedap alami, seledri juga dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Seperti dilansir laman www.whfoods.com, seledri memiliki banyak kandungan vitamin A, C dan B1. Selain itu, seledri juga mengandung banyak mineral seperti sodium, klorin, potasium (kalium), magnesium, protein, kalsium, garam pspat, asparagine apigenin, kolin, saponin, minyak atsiri, senyawa sedatif (phathalide) dan serat. Karena berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh inilah, seledri memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Tingginya kadar sodium dalam seledri sangat berguna untuk menjaga vitalitas tubuh. Oleh sebab itu, seledri sejak dulu banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menurunkan panas pada anak-anak dengan cara ditumbuk dan dibalurkan ke dahi.

Selain menurunkan panas, seledri juga bermanfaat untuk mengobati banyak penyakit lain seperti hipertensi, sakit mata, reumatik, anemia, bahkan stroke.

Selain itu, jus seledri dari seledri berdaun besar diketahui dapat membantu mencegah kanker payudara, gagal ginjal, menurunkan kadar asam urat dalam darah, mengurangi rasa sakit pada persendian akibat asam urat,menormalkan gula darah, menjaga kesehatan jantung dan tulang, serta mengatasi infeksi saluran kencing.

Nah, dengan segudang manfaat kesehatan yang dimiliki seledri ini Anda tentu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi seledri ya. Untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari seledri ini, Anda bisa mengonsumsinya mentah, baik dengan konsumsi langsung maupun dengan di jus. Selamat mencoba!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading