Sukses

Parenting

6 Hal Yang (Diam-Diam) Ingin Dikatakan Menantu Untuk Ibu Mertua

Bicara tentang hubungan tentang menantu (terutama wanita) dengan ibu mertuanya, pada beberapa kasus mungkin dijumpai hubungan yang kurang akur, atau cenderung seperti berkompetisi. Meskipun di luar tampak baik-baik saja, tapi belum tentu di dalam hatinya. Menurut Debbie Mandel seorang ahli penanganan stres, seperti yang dilansir oleh Goodhousekeeping.com, hal ini di latar belakangi oleh kenyataan bahwa menantu dan ibu mertua, mencintai satu lelaki yang sama, meski dengan cara yang berbeda.

Karena hubungan itu pula, menantu seringkali susah mengungkapkan pendapatnya kepada sang ibu mertua. Takut dan rasa hormat seringkali dijadikan alasan, dan memicu frustasi, sehingga mempengaruhi suasana di dalam keluarga tersebut. 

Menurut Mandel, bisa kok jalinan hubungan menantu-mertua berjalan dengan baik, namun butuh waktu, dan lebih banyak saling menghormati. Nah, berikut ini merupakan beberapa pengakuan wanita tentang hal-hal yang sebenarnya ingin dikatakan pada ibu mertuanya, yang telah dirangkum oleh Goodhousekeeping.com.

    Saya Tahu Cara Mendidik Anak Saya

    Masalah anak-anak, tentang kedisiplinan dan didikan yang diberikan, menantu seringkali merasa seperti dihakimi jika mertuanya berkomentar tentang perilaku atau perbuatan si kecil. Sementara sang mertua berkomentar seperti itu karena ia merasa hal tersebut terjadi akibat didikan yang berbeda seperti yang dilakukannya dulu.

    Jangan Memberi Kejutan dengan Tiba-Tiba Datang ke Rumah Kami

    Menantu mungkin sering merasa terganggu dengan kehadiran mertua yang tiba-tiba, karena dia terkejut dan belum mempersiapkan apapun, termasuk mental. Menurut Elizabeth Lombardo, PhD, seorang psikolog, ini saatnya suami mengambil alih. Mungkin suami bisa membantu mengatakan pada ibunya bahwa Anda dan keluarga senang atas kedatangan ibu, tapi ada baiknya menelepon lebih dulu, agar si ibu tidak terganggu dengan kesibukan di rumah Anda. Ingat, ibu hanya ingin melihat anaknya, Anda, dan cucunya. Jadi tekankan bahwa Anda dan keluarga juga ingin bertemu dengannya.

    Jangan Menyalahkan Caraku Mengurus Rumah

    Meskipun sebenarnya ibu mertua berniat membantu, namun Anda merasa sikapnya seperti "kamu tidak pintar mengurus rumah". Yang harus Anda ingat, jangan melawan perkataan ibu Anda, meskipun itu kasar. Ada baiknya mengganti kalimat seperti "kami suka keadaan rumah yang seperti ini", dengan "Kami akan sangat senang jika ibu bersedia menerima keadaan rumah kami apa adanya", yang dikatakan oleh suami Anda.

    Jangan Bandingkan Saya dengan Mantan Pacarnya

    Wajar jika Anda tidak suka dibanding-bandingkan dengan mantan pacar suami Anda. Tapi menurut Mandel, jika Anda yakin dengan rasa cinta suami pada Anda, Anda tidak perlu mempermasalahkan hal ini. Atau, suami Anda mungkin bisa mengatakan pada ibunya dengan cara baik-baik, bahwa Anda merasa terganggu. Bisa saja ibu mertua tidak menyadari jika hal tersebut mengganggu Anda.

    Jangan Membuatku Merasa Buruk Karena Menjadi Ibu dan Wanita Karir

    Mertua Anda mungkin hanya khawatir bahwa karir Anda akan mengganggu perkembangan cucunya dan mengurangi kasih sayang yang seharusnya didapatkan. Yang perlu Anda lakukan adalah menjelaskan mengapa Anda memilih berkarir, misalnya untuk memenuhi kebutuhan finansial. Serta menunjukkan bahwa meskipun bekerja, Anda tetap bisa merawat dan mengasihi anak-anak, bahkan mendidik mereka menjadi anak yang mandiri.

    Jangan Memperlakukan Suamiku Seperti Anak Kecil

    Anda mungkin cemburu melihat ibu mertua Anda selalu memasak masakan favorit suami Anda saat masih kecil. Tapi selama ibu mertua tidak mengambil alih apa yang menjadi tugas Anda, misalnya mencuci baju, atau memakaikan dasi, menunjukkan kasih sayang pada anak laki-lakinya bukan masalah besar. Ingat alasan di balik itu semua, karena ia menyayangi anaknya.

Benarkah hal tersebut yang sebenarnya ingin Anda katakan pada mertua Anda Ladies? Nampaknya peran suami untuk menjadi penengah sekaligus penghubung juga sangat penting ya. Pastikan suami Anda mengerti keadaan dan perasaan Anda sebelum memintanya menjadi penghubung. Dan, ibu suami Anda adalah ibu Anda juga.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading