Sukses

Beauty

4 Gejala Mengejutkan Dari Depresi Yang Jarang Disadari

Ketika pekerjaan menumpuk, keluarga terpecah belah ataupun hubungan asmara sedang retak, hal ini sering kali membuat seseorang menjadi stres bahkan depresi. Berbicara mengenai depresi atau stres berat, pada dasarnya ada banyak hal yang bisa memicu perasaan tersebut hingga ia ada di dalam diri seseorang.

Dilansir dari laman prevention.com, ketika seseorang mengalami depresi, tidak jarang ia tidak menyadari akan hal ini. Banyak sekali gejala stres berat yang tidak dirasakan dan dianggap bahwa perasaan tersebut adalah perasaan dan perubahan yang biasa saja. Namun jangan salah, ketika seseorang terserang depresi dan hanya dibiarkan saja, bukan hanya kesehatan psikologis saja yang akan terganggu, kesehatan fisik pun juga akan turut terganggu.

Untuk mengetahui gejala mengejutkan dari depresi yang jarang disadari, berikut sedikit ulasannya untuk Anda semua.

(vem/mim)

Sakit dan Rasa Nyeri di Seluruh Tubuh

Ketika seseorang sedang mengalami depresi berat, sadar atau tidak maka ia akan merasakan sakit pada sekujur tubuh dan berbagai nyeri di tubuhnya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada dan diterbitkan ke jurnal Pain mengatakan, orang yang terkena gejala depresi empat kali lebih mungkin akan terkena nyeri punggung dan sakit di seluruh tubuh tanpa sebab yang jelas.

Tapi perlu kita tahu, rasa sakit ini sendiri merupakan akibat dari penurunan imunitas tubuh dan efek dari semangat psikis yang berkurang. Saat imunitas turun dan sistem kekebalan tubuh tidak maksimal serta semangat psikis  berkurang, tidak heran jika hal ini berpengaruh pada kondisi fisik maupun psikis termasuk sebagai gejala awal dari depresi.

Lebih Suka Sibuk Dengan Dunia Maya

Apakah Anda lebih suka menyibukkan diri dengan dunia maya dan lebih nyaman berkomunikasi melalui media sosial berupa facebook, bbm, twitter atau apapun itu? Jika iya, coba lihat lagi diri Anda dan rasakan apakah Anda dalam kondisi yang baik? Beberapa penelitian yang dilakukan baru-baru mendapatkan penemuan yang mengejutkan seputar depresi.

Dikatakan, seseorang yang mengalami gejala depresi akan lebih senang berdiam diri, menyibukkan diri dengan media sosial dan ia pun kecanduan internet. Ketika seseorang mengalami kehilangan rasa nyaman saat bersama sahabat, teman dan orang-orang di kehidupan nyata, hal ini bisa dikatakan bahwa orang tersebut kemungkinan besar sedang mengalami gejala depresi namun ia tak pernah menyadarinya.

Berhenti Menyisir Rambut

Mungkin gejala depresi yang satu ini cukup aneh dan tidak biasa, namun jangan salah. Study menyebutkan bahwa seseorang yang sedang mengalami depresi dan tekanan mental, ia akan cenderung merasa sakit yang cukup hebat pada bagian kepala khususnya pada rambut. Tak hanya itu saja, seseorang yang sedang mengalami gejala depresi, ia akan berpikir terlalu berat pada satu masalah dan lupa akan kesehatan serta penampilan dirinya.

61 % dari 10.000 orang yang pernah mengalami depresi, dilaporkan bahwa mereka akan mengabaikan kesejahteraan fisik maupun penampilannya termasuk mengabaikan kecantikan dan kesehatan rambutnya. Gimana dengan Anda, kapan terakhir kali Anda menyisir rambut dan ingin selalu tampil sempurna? Jika Anda sudah lupa kapan terakhir kali melakukan ini, bisa jadi saat ini Anda sedang mengalami gejala depresi.

Kebiasaan Makan Tidak Sehat

Satu lagi gejala depresi yang sering kali tidak disadari adalah kebiasaan makan yang tidak sehat. Makanan sering kali menjadi memuakkan dan membuat Anda merasa mual. Anda pun harus pilih-pilih makanan dan biasanya, makanan yang dipilih adalah makanan yang memiliki rasa manis ataupun asin yang cukup kuat serta gurih.

Ladies, itulah beberapa gejala mengejutkan dari depresi yang sangat jarang disadari. Jika Anda merasakan salah satu hal di atas, coba lihat sekali diri Anda dan pastikan bahwa Anda baik-baik saja. Jika memang Anda sedang dilanda stres berat ataupun depresi, usahakan untuk tetap tenang, lakukan berbagai hal yang positif bersama orang-orang terdekat, ceritakan masalah Anda kepada orang kepercayaan Anda dan yakinlah segala masalah akan teratasi dengan baik.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita bisa dijauhkan dari segala macam masalah pemicu stres berat juga depresi ya. :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading