Sukses

Health

Asam Lambung Meningkat? Jangan Coba 4 Makanan Ini

Bahaya asam lambung bukan hanya meliputi iritasi atau luka pada dinding lambung saja. Jika asam lambung terlalu banyak di dalam perut dan naik ke kerongkongan, bisa jadi kamu akan mengalami nyeri yang tak tertahankan di ulu hati yang menyebabkan nyeri dan sulit bernafas.

Bahaya tingginya asam lambung bahkan bisa mengancam nyawa. Seperti dikutip dari health.com, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa memperparah kondisi asam lambung, antara lain adalah berikut ini. 

 

1. Kopi

Kafein dalam kopi bisa mendorong asam lambung ke atas dan mengiritasi kerongkongan sehingga menimbulkan rasa terbakar atau sakit di ulu hati atau dada bagian bawah. Kopi umumnya juga bersifat asam sehingga bisa memperparah asam lambung. Ganti kebiasaan minum kopi dengan air hangat untuk meredakan nyeri karena asam lambung.

2. Alkohol

Jelas sekali kita harus menghindari minuman jenis ini karena mengandung asam tinggi yang justru bisa meningkatkan produksi asam di lambung. Minuman beralkohol juga merupakan minuman yang keras dan bisa memperparah luka pada dinding lambung karena produksi asam lambung.

3. Susu

Susu sebenarnya baik untuk menetralkan asam lambung, tapi jika asam lambung sudah terlalu tinggi, justru tidak baik. Ini karena kandungan lemak dalam susu bisa memperparah kondisi asam di lambung yang nantinya justru bisa menimbulkan gas yang mendorong asam lambung. Begitu pula dengan keju, sebaiknya jangan makan terlalu banyak.

4. Daging berlemak

Daging berlemak atau makanan berkuah santan sangat buruk untuk kondisi tubuh tinggi asam lambung karena justru bisa memicu produksi asam lambung lebih banyak. Kamu bisa makan daging dengan syarat tanpa lemak.

Jadi, usahakan sebisa mungkin tidak makan makanan di atas untuk menghindari asam lambung meningkat dan melukai sistem pencernaan ya Sahabat Fimela, karena bukan tidak mungkin penyakit lambung ini membahayakan jiwa.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading