Sukses

Beauty

Bahaya, Ini Efek Suara Bising dan Mengganggu Di Sekitar Anda

Pernahkah Anda terganggu karena suara ramai dan keras yang ada di sekitar Anda, ketika seharusnya Anda butuh konsentrasi penuh untuk mengerjakan sesuatu? Anda pasti kesal dan ingin marah bukan? Bukan hanya mengganggu konsentrasi kerja, tapi suara yang keras dan ramai juga bisa memberi pengaruh buruk untuk telinga atau kemampuan pendengaran Anda.

Namun jika Anda hidup di lingkungan perkotaan, mana ada tempat yang sepi tanpa kebisingan? Justru sudah sangat wajar ada keramaian di mana saja, bahkan beberapa orang dituntut untuk bekerja di tempat-tempat atau lingkungan yang ramai dengan berbagai macam suara. Seperti dikutip dari boldsky.com, selain melemahkan kemampuan pendengaran, ada banyak efek buruk kebisingan untuk hidup Anda, beberapa di antaranya adalah

    Memperpendek umur

    Sebuah penelitian menujukkan bahwa terlalu sering terpapar polusi suara atau kebisingan lingkungan bisa memperpendek usia seseorang. Dengan kata lain, kebisingan bisa meningkatkan angka kematian manusia.

    Melemahnya produktivitas

    Ketika Anda bekerja di kantor dan mendengar banyak suara mengganggu, bisakah Anda fokus mengerjakan tugas Anda? Produktivitas jadi menurun dan tugas yang seharusnya bisa dikerjakan dalam waktu 1 jam bisa saja molor jadi berjam-jam karena Anda tidak bisa berkonsentrasi.

    Menunda proses penyembuhan

    Sebuah penelitian membandingkan proses penyembuhan suatu penyakit pada pasien yang ada di lingkungan bising dan lingkungan yang tenang. Hasilnya, pasien yang berada di lingkungan yang tenang lebih cepat sembuh dan bisa lebih cepat beraktivitas seperti biasa daripada pasien yang berada di lingkungan bising.

    Salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini adalah tingkat stres pasien yang ada di dua tempat berbeda tersebut. Tingkat stres pasien dengan lingkungan bising lebih tinggi sehingga menghambat proses penyembuhan suatu penyakit.

    Meningkatkan risiko penyakit jantung

    Tentu saja saat malam hari adalah waktu yang ideal untuk istirahat setelah bekerja seharian, dan Anda butuh tempat yang tenang untuk melepas lelah. Hal ini bisa mengurangi kualitas tidur, dan kurangnya kualitas tidur bisa memengaruhi kesehatan jantung. Jantung berdetak lebih cepat saat seharusnya berdetak lebih lambat pada malam hari karena suara bising.

Ada baiknya jika Anda memberi waktu rehat untuk tubuh dan telinga Anda dari kebisingan dengan cara liburan Ladies. Ambil cuti dan pergilah ke pegunungan atau pantai yang tenang. Suara alam akan mengembalikan vitalitas dan meningkatkan kebahagiaan Anda lho.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading