Sukses

Beauty

Sering Jatuh Sakit, Apa Sebabnya?

Ladies, apakah Anda makin sering jatuh sakit akhir-akhir ini? Atau mungkin orang-orang di sekitar Anda banyak yang mudah terserang flu, pilek, atau demam? Penyebab seseorang mudah jatuh sakit itu pada dasarnya sangat beragam. Selain cuaca, ada berbagai faktor lain yang bisa membuat Anda terserang penyakit.

Berikut ini sejumlah hal yang bisa menyebabkan Anda mudah jatuh sakit seperti yang dilansir oleh healthline.com. Yuk, kita kenali penyebabnya supaya kita bisa lebih menjaga diri dan imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik.

Stres
Stres memang jadi bagian dari keseharian kita. Tapi kalau stres sudah berlebihan, maka bisa sangat berpengaruh pada sistem imun atau kekebalan tubuh kita. Bahkan bisa memperlambat proses penyembuhan dari suatu penyakit. Saat  Anda terkena penyakit dan dibarengi dengan rasa stres yang tinggi, kemungkinan besar Anda akan butuh waktu lama untuk sembuh total.

Makanan yang Dikonsumsi
Anda adalah apa yang Anda makan. Salah makan atau mengonsumsi makanan yang kurang gizi bisa membuat Anda gampang jatuh sakit. Penting sekali untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Batasi pula konsumsi gula, lemak, dan garam.

Dehidrasi
Jangan sepelekan masalah kekurangan cairan dalam tubuh. Jaringan dan organ tubuh sangat bergantung pada air. Air membantu proses menyalurkan nutrisi dan mineral ke sel-sel tubuh, sehingga bisa menjaga kelembaban mulut, hidung, dan leher sehingga tak mudah terkena penyakit. Gejala dehidrasi ini bisa dikenali dengan mudah, seperti rasa haus yang teramat sangat, sakit kepala, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang sangat cepat.

Gangguan Tidur
Orang yang kurang tidur cukup di malam hari bisa mudah terserang penyakit. Sistem imun kita mengeluarkan cytokines saat kita tidur. Cytokines adalah penyalur protein yang dapat melawan inflamasi dan penyakit. Tubuh kita butuh protein ini saat kita sakit atau stres. Tubuh kita akan sulit mendapatkan protein ini dengan cukup kalau kita kekurangan tidur. Sehingga kemampuan alami tubuh untuk melawan penyakit dan virus akan berkurang.

Nah, itu dia sejumlah penyebab yang bisa membuat Anda sering jatuh sakit. Kalau Anda merasa tubuh Anda sering lemah dan sakit, coba kenali penyebabnya. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih mudah untuk mengatasi atau mencegahnya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading