Sukses

Lifestyle

4 Kebiasaan Sehat di Tempat Kerja yang Bisa Menyelamatkan Anda

Bekerja sebenarnya bukanlah sebuah kewajiban. Lebih dari itu, bekerja merupakan sebuah kebutuhan. Kita butuh bekerja agar bisa memaksimalkan kemampuan diri, mengeluarkan potensi yang kita miliki, sekaligus untuk bisa bertahan hidup. Dan salah satu aset berharga agar kita tetap optimal dan produktif bekerja adalah kesehatan. Kalau kesehatan terganggu, kita akan susah untuk bekerja kan?

Ladies, berikut ini empat kebiasaan sehat yang bisa Anda ikuti. Kebiasaan-kebiasaan ini tergolong praktis dan mudah. Jika bisa diikuti dengan baik, maka kita bisa menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan tak gampang sakit. Yuk, langsung saja kita ikuti uraian lengkapnya di bawah ini.

(vem/nda)

Jaga Kebersihan Meja Kerja

Tahukah Anda kalau meja kerja Anda bisa menyimpan ribuan bakteri? Bahkan jumlah bakterinya bisa lebih banyak daripada kursi toilet. Hii... ngeri banget kan? Nah, itulah kenapa kita harus memastikan meja kerja kita selalu bersih. Setiap kali akan mulai bekerja dan sesudah bekerja, bersihkan meja Anda. Kalau perlu lap keyboard dan meja dengan tisu basah. Atau minta bantuan office boy untuk membersihkan selalu melap meja kerja setiap paginya.

Selalu sediakan hand sanitizer di meja Anda. Saat sedang sibuk-sibuknya dan tak bisa meninggalkan meja sedetik pun, hand sanitizer bisa jadi pertolongan pertama saat Anda ingin membersihkan tangan. Misal ketika baru bersin atau batuk. Selain itu, sekotak tisu juga wajib ada di meja Anda.

Minum Air Putih dan Cukupi Kebutuhan Makan

Demi produktivitas kerja dan tidak gampang lemas saat bekerja, minum air putih dan makan cukup itu wajib. Air putih bisa membatu kita tetap terjaga dan lebih mudah berpikir jernih. Selalu sediakan botol air minum yang bisa diisi ulang di meja Anda. Sarapan dan makan siang juga perlu.

Agar tak gampang mengantuk di siang hari, konsumsi makanan yang mengandung protein, salad, sayur dan buah segar. Bagaimana dengan asupan kafein? Well, meskipun kopi atau minuman berkafein bisa mencegah kita agar tak gampang mengantuk, tapi jangan sampai berlebihan saat mengonsumsinya. Batasi minum minuman berkafein, setidaknya cukup satu gelas per hari agar tak ketergantungan. Dan akan lebih baik jika kopi atau minuman berkafein yang Anda konsumsi tak terlalu banyak mengandung gula, krim, atau pemanis.

Selalu Luangkan Waktu untuk Istirahat

Sesibuk apapun Anda bekerja, jangan lupa untuk beristirahat. Misal, tiap 90 menit sekali, Anda perlu merilekskan pikiran sejenak selama beberapa menit, baru melanjutkan pekerjaan Anda lagi. Ketika jam istirahat makan siang, pergilah jalan-jalan sejenak keliling kantor. Tujuannya agar pikiran Anda tak terlalu tegang dan tak gampang stres.

Pikiran juga perlu dijaga keseimbangannya. Kalau terus-terusan dibuat memikirkan pekerjaan atau hal-hal yang serius, nanti Anda jadi gampang stres. Berada di dalam ruang kerja seharian terus-menerus bisa membuat Anda pusing. Apalagi jika pekerjaan Anda berhubungan dengan komputer dan menatap monitor seharian penuh. Kalau mata terlalu lelah, salah-salah Anda akan mengalami gangguan kesehatan mata.

So, jangan lupa untuk selalu mendapatkan udara segar setiap harinya, ya Ladies. Dan dapatkan juga sinar matahari yang cukup.

Lindungi Diri Jika Ada Rekan Kerja yang Sakit

Bekerja dalam satu ruangan dengan banyak orang memang punya risikonya tersendiri. Salah satunya adalah mudahnya penularan penyakit. Misal, ketika ada satu orang yang terserang pilek dan sering bersin-bersin di dalam ruangan, maka kemungkinan besar orang-orang yang berada di ruangan yang sama akan tertular. Memang ada baiknya jika pegawai yang sakit tidak usah mengantor dan beristirahat saja di rumah. Tapi sebagai antisipasi, kita juga perlu melindungi diri agar tak gampang tertular penyakit dari rekan kerja.

Jaga juga sistem kekebalan tubuh Anda. Kalau perlu konsumsi vitamin secara rutin. Cukupi kebutuhan vitamin dan gizi Anda. Dan jangan lupa olahraga ya. Sesibuk apapun hari Anda di kantor, selalu luangkan beberapa menit untuk menggerakkan tubuh secara aktif.

Stay healthy, stay productive at work!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading