Sukses

Beauty

Sinus Sering Kambuh? Ini Cara Mengatasinya

Sinus adalah kondisi di mana terjadinya mukus atau lendir pada bagian rongga sinus yang disebabkan oleh penyakit sinusitis. Nah, sinus merupakan rongga udara di daerah wajah, yang terhubung lewat hidung. Sinusitis biasanya terjadi karena adanya bakteri yang disebabkan karena peradangan pada sinus.

Beberapa hal yang sering dialami oleh penderita sinusitis, antara lain:

  • Sulit untuk bernafas
  • Tidak nyaman pada area hidung
  • Timbul nyeri pada daerah wajah
  • Nyeri pada telinga
  • Batuk pada malam hari
  • Mudah lelah
  • Penurunan fungsi indra penciuman dan perasa
  • Bau mulut (halitosis)
  • Dahak berwarna kuning kehijauan dari hidung atau tenggorokan

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya sinusitis, namun beberapa di antaranya adalah karena infeksi virus, bakteri atau pun jamur serta alergi. Pada beberapa kasus, sinusitis biasanya terjadi hanya dalam beberapa minggu atau bersifat sementara. Akan tetapi, sinusitis yang terjadi lebih dari 12 minggu atau lebih biasanya disebut dengan sinusitis akut.

Pada beberapa kasus, sinusitis dapat terjadi bersamaan dengan seseorang terkena flu (influenza) atau infeksi virus lainnya. Nah, untuk proses pembersihan sinusitis memerlukan waktu sekitar dua hari hingga satu minggu. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

Mengonsumsi aspirin atau ibuprofen tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak usia di bawah 16 tahun. Hal tersebut pun berlaku bagi seseorang penderita asma, maag, hingga gagal jantung.

Selain 2 jenis obat tersebut, Anda bisa mengonsumsi obat dekongestan untuk meringankan gejala sinusitis. Obat tersebut digunakan dengan cara disemprotkan ke hidung yang bertujuan melegakan Anda saat bernafas.  

Obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol dan ibuprofen dapat Anda konsumsi untuk mengatasi sinusitis dalam tahap ringan. Selain itu, dua jenis obat tersebut juga dapat Anda konsumsi untuk meredakan rasa sakit kepala yang disertai dengan nyeri pada wajah.

Namun, cara ampuh untuk mengatasi sinusitis adalah dengan istirahat yang cukup, untuk memulihkan kembali kesehatan tubuh Anda.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading