Sukses

Beauty

Awas, Ini 5 Risiko Kesehatan Serius Jika Kecanduan Smartphone

Jaman semakin modern, sistem informasi serta inovasi elektronik juga semakin canggih. Banyak orang yang memiliki gadget canggih di setiap kesempatan, banyak pula aplikasi dan sosial media yang membuat generasi jaman sekarang betah berlama-lama memegang handphone. Bahkan nampaknya mereka tidak bisa lepas sedetik pun dari smartphone.

Yang lebih miris lagi, saat ini sudah banyak anak-anak kecil memilikinya, dengan bebas memainkan game di gadget yang mereka bawa sehingga melupakan betapa pentingnya bermain bersama teman. Meski sudah banyak yang mengatakan kecanduan gadget itu tidak baik, namun sepertinya perlu ditekankan lagi.

Seperti dikutip dari addictiontips.net, ada banyak risiko kesehatan yang bisa dialami para pecandu smartphone, antara lain adalah

    Lebih tinggi risiko mengalami DEPRESI

    Banyak faktor penyebab timbulnya depresi, bukan hanya masalah yang pelik, saat ini banyak peneliti menemukan bahwa depresi bisa dipicu oleh kecanduan smartphone. Meski memang tidak begitu saja smartphone bisa menjadi penyebab depresi, namun terlalu sering berkutat dengan smartphone bisa menguras energi dan emosi Anda sehingga lebih rentan depresi.

    Cenderung mengalami PIKUN

    Mungkin Anda masih muda, namun ketika waktu Anda sudah terkuras dengan smartphone, banyak hal yang akan mudah sekali Anda lupakan karena terbiasa dengan kemudahan yang diberikan smartphone seperti mengingat kata-kata, catatan, angka, dan lain sebagainya. Kemampuan memori otak jadi melemah.

    Lemah dalam BERSOSIALISASI

    Karena sebagian besar hidup Anda berkutat dengan smartphone, Anda jadi lupa bersosialisasi. Bahkan saat ngumpul bareng teman, Anda masih memandang layar handphone. Padahal bersosialisasi itu sangat dibutuhkan bukan hanya untuk melepas stres tapi juga menjaga hubungan baik dengan orang sekitar.

    Lebih mudah mengalami GANGGUAN TIDUR

    Anda akan lebih penasaran dengan sosial media dan menunggu notifikasi setiap sosmed yang Anda miliki hingga tidak sadar Anda telah mengorbankan waktu istirahat otak dengan sia-sia. Saat malam hari Anda akan lebih sering begadang dan bahkan berisiko mengalami insomnia.

    Kurang BAHAGIA

    Saat Anda terlalu stres dan terlalu berhubungan dengan smartphone, Anda jadi kurang bahagia. Menghabiskan waktu dengan gadget akan menghambat produksi melatonin, senyawa kimia yang akan meningkatkan mood dan membuat Anda terhindar dari stres.

Sekarang jadi tahu kan, mengapa sebaiknya Anda tidak boleh berlama-lama memandang smartphone dan bergantung hingga kecanduan? Yuk jaga kesehatan dari sekarang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading