Sukses

Beauty

Kanker Serviks Pergi Jauh Dengan 5 Makanan Sehat Ini

Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyerang kaum wanita di seluruh dunia. Penyakit yang disebabkan oleh virus HPV terutama tipe 16 dan 18 ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual.

Fakta yang berkembang saat ini membuktikan bahwa di Indonesia hampir 1 jam sekali terdapat 1 wanita yang meninggal akibat kanker serviks. Hal itu dikarenakan, tumbuhnya kanker serviks disebabkan oleh adanya perubahan struktural sel yang ada di daerah mulut rahim menjadi ganas.

Oleh karena itu, pentingnya Anda melakukan pencegahan agar tak terserang penyakit menyeramkan ini yaitu dengan mulai memperhatikan dan menjaga kesehatan organ reproduksi dan tak lupa juga untuk mengonsumsi beberapa makanan yang dapat melindungi tubuh Anda dari serangan kanker serviks, seperti berikut:

    Wortel

    Wortel tidak hanya bagus untuk kesehatan mata, tetapi juga baik untuk mencegah kanker serviks. Hal itu disebabkan, wortel mengandung beta-karoten dan karotenoid. Anda dapat mengonsumsi wortel dengan berbagai macam hidangan makanan yang Anda sukai, seperti sup, salad, jus maupun langsung dimakan dalam kondisi mentah atau direbus terlebih dahulu.

    Jeruk bali

    Jeruk bali mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah terjadinya pembentukan senyawa nitrogen yang menjadi penyebab kanker. Vitamin C dapat dikaitkan dengan beberapa risiko penurunan penyakit, seperti kanker perut, usus besar, esophagus, kandung kemih, payudara dan kanker leher rahim atau nama lain dari kanker serviks.

    Teh hijau

    Saat ini teh hijau atau green tea tengah menjadi kegemaran banyak orang. Selain memiliki rasa yang nikmat, teh hijau juga memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Kandungan polifenol yaitu antioksidan mampu membantu mencegah terjadinya perkembangan sel-sel kanker.

    Kacang-kacangan

    Vitamin E dapat mengurangi terjadinya beberapa penyakit, seperti sakit perut, usus besar, paru-paru, hati dan beberapa jenis kanker. Anda dapat menambahkan beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E, seperti kacang tanah, selai kacang, kacang almond, dan juga biji bunga matahari ke dalam menu makanan Anda. Hal ini, harapannya, akan membantu Anda mencegah kanker serviks.

    Sayuran selada

    Sayuran selada memiliki kandungan flavonoid yang menjadi sumber nutrisi utama dalam mencegah kanker serviks dan beberapa jenis kanker lainnya. So, jangan ragu untuk mengonsumsi selada saat makan, ya!

Itu dia 5 makanan pencegah kanker serviks yang bisa Anda konsumsi sehari-hari ya.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading