Sukses

Beauty

15 Penyebab Anda Sering Merasa Capek

Anda sering merasa capek, dan mengantuk sepanjang hari? Namun, Anda tidak tahu apa yang terjadi dengan tubuh Anda. Berikut beberapa alasan, mengapa Anda sering merasa lelah sepanjang waktu, seperti dilansir dari sofeminine.co.uk.

    Anda Kurang Tidur

    Jika Anda sudah tidur selama tujuh jam, namun masih merasa lelah dan mengantuk, Anda harus tidur cukup selama delapan jam. Cobalah untuk tidur satu jam lebih awal, selama seminggu, dan rasakan hasilnya. Tubuh Anda pasti akan lebih segar.

    Anda Kekurangan Zat Besi

    Kekurangan zat besi pada tubuh akan menyebabkan kelelahan. Mungkin Anda kurang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging dan susu. Lakukan tes kesehatan, jika benar Anda kekurangan zat besi, maka Anda akan diberi suplemen penambah zat besi.

    Dehidrasi

    Dehidrasi dapat membuat tubuh Anda mudah lelah. Pastikan Anda minum air yang cukup, untuk membantu fungsi tubuh Anda lebih baik. Saat Anda mengalami dehidrasi, jantung Anda akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga Anda mudah merasa capek.

    Anda Kurang Nutrisi

    Jika Anda melakukan diet ketat, dan banyak makanan yang dipantang, maka tubuh Anda akan mudah kekurangan nutrisi, sehingga Anda mudah merasa letih.

    Anda Memiliki Masalah Pada Kelenjar Tiroid

    Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau yang kurang berfungsi, akan menyebabkan masalah hormon, yang ditandai dengan kondisi tubuh yang sering mengalami kelelahan. Lakukan tes darah untuk mengetahui hal ini.

    Anda Terlalu Banyak Bekerja

    Anda sering menghabiskan separuh hari Anda di kantor? Atau Anda sering melakukan lembur? Buatlah jadwal yang pasti, agar waktu istirahat Anda, tidak dipakai untuk bekerja.

    Anda Sering Browsing Internet di Malam Hari

    Anda sering begadang di malam hari untuk browsing internet? Hal ini akan membuat Anda sulit tidur, dan mengalami kelelahan pada keesokan harinya. Matikan semua gadget dan perangkat elektronik Anda, satu jam sebelum Anda tidur.

    Anda Mengidap Penyakit Coeliac

    Penyakit Coeliac adalah suatu kondisi medis, yang ditandai dengan kerusakan pada usus halus, yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk mencerna nutrisi dari protein tertentu.

    Diabetes

    Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, bisa jadi Anda memiliki penyakit diabetes.

    Depresi

    Anda mungkin baru saja mengalami peristiwa besar dalam hidup Anda, yang membuat Anda sedih, seperti perceraian atau kehilangan orang yang Anda cintai.

    Anda Mengkonsumsi Banyak Obat-Obatan

    Jika Anda mendapat banyak resep obat dari dokter, makan hal tersebut dapat mengacaukan waktu tidur Anda.

    Anda Salah Mengkonsumsi Obat Tertentu

    Anda mungkin mengalami efek samping dari obat yang Anda konsumsi. Bicarakan dengan dokter Anda untuk meminta dosis yang lebih rendah, atau mengganti dengan obat lain yang lebih aman.

    Anda Kurang Mendapatkan Udara Segar

    Jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda di dalam ruangan, dan di dalam mobil, maka Anda akan mengalami kekurangan vitamin D. Cobalah berjalan-jalan sejenak saat makan siang, agar Anda lebih bersemangat.

    Anda Kekurangan Vitamin B12

    Vitamin B12 adalah nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan energi. Disamping itu juga membantu tubuh Anda untuk membuat sel-sel darah merah danĀ  bertanggung jawab untuk membantu fungsi neuron Anda.

    Anda Sedang Hamil

    Merupakan hal yang wajar, jika Anda mengalami kelelahan sepanjang hari saat Anda sedang hamil.

Kalau Anda, Ladies, apakah yang Anda lakukan agar selalu bersemangat dan penuh energi setiap hari?

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading