Sukses

Beauty

Penting, Ini Cara Masak Wortel Dan Tomat Yang Benar Agar Nutrisi Tidak Hilang

Saat pergi ke pasar, Anda pasti akan menemui banyak varian pilihan sayur untuk dibeli. Sebelum masuk ke mulut, tentu saja ada berbagai proses yang harus dilakukan agar sayur bisa dimakan. Tidak semua sayur harus dimasak (beberapa dimakan mentah) dan kalaupun harus dimasak, tidak semua sayur bisa disamakan cara memasaknya.

Ada banyak cara memasak, namun beberapa sayur menunjukkan kandungan terbaiknya dan manfaat kesehatan maksimal jika dimasak dengan satu teknik memasak dan cara pemotongan yang baik. Seperti misalnya wortel dan tomat, dikutip dari everydayhealth.com, wortel sebaiknya tidak dipotong-potong agar nutrisinya tidak terbuang dan tomat sebaiknya dikukus atau direbus sebentar untuk meningkatkan kandungan lycopene-nya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat Anda memotong-potong wortel, permukaan wortel jadi lebih lebar dan nutrisi di dalamnya akan menguap terkena udara. Dengan kata lain, wortel sebaiknya dicuci bersih dan dikonsumsi dalam bentuk utuh. Kalaupun mau dimasak, masak dalam bentuk utuh atau dimakan mentah juga tidak masalah. Saat dimasak, kandungan karotenoid wortel juga akan bertambah.

Tomat akan meningkatkan kandungan lycope saat dipanaskan. Akan lebih baik jika Anda mengukus atau merebus dengan sedikit air jika ingin tomat lebih bergizi. Membiarkan tomat hingga benar-benar berwarna merah atau matang juga kan meningkatkan nutrisinya. Lycope sendiri berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah penuaan dini.

Namun sayangnya, vitamin C yang juga sebagai antioksidan dalam tomat akan berkurang saat tomat terkena suhu panas, jadi jangan terlalu lama memasak tomat ya. Keep healthy eating.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading