Sukses

Beauty

Telinga Baiknya Tak Perlu Dibersihkan Sama Sekali, Benarkah?

Salah satu indera yang menjadi organ yang mengatur keseimbangan tubuh adalah telinga. Meski mungkin Anda hanya menganggap fungsi telinga hanya untuk mendengar, namun peran telinga beserta organ di dalamnya berhubungan erat dengan organ-organ vital di sekitarnya, seperti, mata, hidung dan bahkan otak.

Nah, untuk kepentingan kebersihan mungkin Anda akan melakukan pembersihan telinga rutin agak telinga tetap bisa berfungsi dengan baik. Namun tahukah Anda Ladies, menurut entnet.org,  bahwa sebenarnya kedua telinga Anda tidak perlu sering dibersihkan atau bahkan tidak perlu sama sekali dibersihkan, kecuali jika kotoran menyumbat telinga.

Karena, bagaimana pun niat baik Anda untuk membersihkan telinga sebenarnya malah mempertaruhkan kemampuan pendengaran Anda. Telinga adalah daerah halus dan rumit, termasuk kulit saluran telinga dan gendang telinga. Bahkan cerumen atau yang kita kenal sebagai kotoran telinga itu adalah bagian sehat dari telinga yang akan diproduksi secara alami dalam jumlah normal. Fungsinya adalah untuk membersihkan, melindungi, dan melumasi bagian saluran telinga, bahkan anti bakteri.

Meski Anda mungkin mengira itu jorok, namun telinga punya cara sendiri untuk membersihkan dirinya. Kotoran telinga yang kering beserta debu dan kulit yang mengelupas akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu Anda paksa untuk keluar. Proses pembersihan ini berlangsung dengan dorongan saat Anda mengunyah dan menelan makanan serta menggerakkan rahang.

Penggunaan cotton-bud atau kebiasaan mengorek telinga sebenarnya sangat berbahaya karena bisa menekan lebih dalam kotoran telinga dan bahkan berisiko merobek gendang telinga sebagai penerima suara di dalam telinga. Ada beberapa kasus mengenai kerusakan telinga akibat sering "membersihkan" telinga.

Jadi, konsultasikan pada dokter atau memilih obat tetes telinga saja jika ingin menolong telinga Anda bersih tanpa membahayakan kemampuan mendengar Anda, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading