Sukses

Beauty

Bahaya Obesitas, Sebabkan Diabetes Dan Penyakit Autoimun

Semakin banyaknya francise fast food yang ada di berbagai sudut kota, dan bahkan menjadi gaya hidup tersendiri oleh kalangan urban, membuat tingkat kesehatan masyarakat memburuk. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang mengalami sakit aneh-aneh dan semakin banyak yang memiliki tubuh gemuk.

Tubuh yang terlalu gemuk hingga obesitas, sangat tidak baik. Menurut fitnessmagazine.com, selain penyakit kanker dan jantung, obesitas mampu menyebabkan penyakit kelebihan lemak dalam organ hati dan gangguan tidur sleep apnea. Selain itu, obesitas bisa menimbulkan penyakit autoimun, yaitu penyakit di mana imun (kekebalan tubuh) menyerang tubuh Anda sendiri.

Beberapa contoh penyakit autoimun adalah multiple sclerosis, psoriasis, penyakit Grave dan penyakit Crohn. Munculnya autoimun ini ternyata dipicu oleh hormon yang dikeluarkan oleh jaringan lemak yang dapat menciptakan kondisi peradangan pada tubuh yang kemudian memicu penyakit autoimun berkembang.

Selain meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit kardiovaskuler, obesitas menyebabkan hati berlemak, yang mana dapat menimbulkan diabetes mellitus karena lemak menyebabkan retensi insulin atau kondisi melemahkan kemampuan insulin untuk mengenali gula.

Efek lain obesitas adalah mengganggu kenyamanan tidur. Berat lemak yang menghimpit sistem pernapasan, sangat mungkin membuat Anda sesak. Berat ekstra yang menghalangi saluran napas juga bia membuat Anda mengalami sleep apnea, yaitu pernapasan terhenti tiba-tiba sementara saat tidur.

Jadi, olahraga dan atur pola makan mulai sekarang ya Ladies, jika tidak ingin penyakit menyerang tubuh Anda akibat obesitas.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading