Sukses

Beauty

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

Mengalami telat menstruasi sering membuat Anda panik. Belum lagi mood yang tiba-tiba naik turun dan berdampak buruk terhadap keseharian Anda. Lantas, apa sih penyebabnya? Dan, bagaimana cara mengatasinya?

Menurut penjelasan dr. Rahajeng Arianggarini dari MeetDoctor.com, menstruasi dipengaruhi oleh sistem hormonal, di mana sistem hormonal juga sangat dipengaruhi oleh stress tubuh akibat kelelahan, sakit, bahkan stress pikiran. Sehingga gejala yang muncul bisa menstruasi datang terlambat atau bisa juga datang lebih cepat, bisa lebih sedikit, juga lebih banyak. Hal tersebut tergantung respon setiap individu, karena masing masing individu memiliki sistem hormonal yang berbeda- beda.

Selain itu, hormon-hormon yang mengontrol menstruasi membutuhkan waktu untuk mencapai keseimbangan. Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh hal-hal yang terkait dengan gaya hidup atau masalah kesehatan. Misalnya stress, perubahan berat badan secara ekstrim, konsumsi pil KB, konsumsi kafein, merokok, dan beberapa kasus tertentu.

Nah, untuk mengatasi masalah menstruasi yang sering datang terlambat, Anda bisa menemui dokter spesialis obstetri dan gynekologi. Apalagi, saat jumlah darah menstruasi yang keluar sangat banyak, sehingga harus mengganti pembalut lebih dari 5 kali sehari, selama lebih dari 3 hari menstruasi, dan jika disertai nyeri yang mengganggu aktifitas.

Semoga bermanfaat Ladies :)

 

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading